MenpanRB Bakal Pangkas Birokrasi Lewat Digitalisasi Layanan

Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan

birokrasi tugu jatim
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas didampingi Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf meninjau gedung MPP Kabupaten Pasuruan. Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim

PASURUAN, Tugujatim.idMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas meresmikan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pasuruan, pada Kamis (17/11/2022).

Mal Pelayanan Publik yang dinamai MPP Maslahat ini mendapat apresiasi dari MenPAN-RB sebagai inovasi untuk mempermudah layanan administrasi dalam satu tempat yang terintegrasi.

Azwar Anas bahkan mewacanakan proses birokasi pemerintahan secara betahap dipangkas melalui layanan MPP digital. Dengan inovasi MPP digital, masyarakat nantinya hanya tinggal duduk di rumah dan menggunakan aplikasi di ponselnya untuk mengurus segala keperluan administrasi. “Dengan MPP digital masyarakat nanti bisa mengurus dengan menggunakan handphone, tapi ini perlu transisi,” jelasnya.

birokrasi tugu jatim
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas didampingi Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf meninjau gedung MPP Kabupaten Pasuruan. Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim

Selain itu, Azwar Anas menyatakan bahwa MPP Kabupaten Pasuruan sudah melalui proses supervisi dan memenuhi standart.

Dia berharap dengan adanya MPP, kemudahan penyelenggaraan birokrasi Pemkab Pasuruan bisa benar-benar dirasakan masyarakat. “Birokrasi bukan hanya tumpukan kertas, tapi harus lincah dan cepat. Sesuai arahan Presiden, pelaksanaannya tidak boleh lama,” pesannya.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf akan menyempurnakan pelayanan publik MPP dengan menambah kelengkapan layanan-layanan untuk kebutuhan publik, termasuk dengan menyediakan layanan pembuatan paspor. “Tinggal ke depan layanan-layanan terus ditingkatkan. Kami ingin ada Unit Layanan Paspor karena banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar negeri,” pungkasnya.