Menu Makanan yang Cocok Disantap saat Lebaran - Tugujatim.id

Menu Makanan yang Cocok Disantap saat Lebaran

  • Bagikan
Makanan ketupat yang biasanya cocok disantap untuk merayakan momen Lebaran Idul Fitri. (Foto: Dokumen/Menpan.go.id)

Tugujatim.id – Lebaran merupakan hari yang spesial bagi umat muslim, hari raya besar yang dijalankan setiap tahun. Indonesia sendiri merupakan negara dengan mayoritas umat muslim terbanyak di dunia, hal itu semakin membuat lebaran menjadi momen yang unik, menyenangkan dan begitu meriah untuk dirayakan.

Selain berkunjung ke rekan terdekat, bersilaturahmi dengan sahabat, bertemu keluarga yang masih dalam lingkup satu kota akibat pembatasan mudik untuk mengurangi angka kasus Covid-19, salah satu cara lainnya yakni merayakan lebaran dengan beragam menu masakan lezat.

Ada sekian menu-menu makanan atau kuliner yang cocok dan rutin disajikan setiap Hari Raya Idul Fitri. Tugu Jatim telah merangkum 4 masakan yang cocok disantap untuk menemani momen indah saat menikmati lebaran. Apa saja? Berikut.

1. Ketupat

Salah satu makanan khas yang hampir tidak bisa dipisahkan dari momentum lebaran yakni ketupat. Hampir setiap tahun, ketupat menjadi simbol, atribut atau kuliner yang tidak pernah absen disajikan. Merupakan makanan pengganti nasi, yang sama-sama terbuat dari beras, dimasak sampai matang, dengan dikemas memakai daun.

Ketupat sebetulnya sama dengan nasi, yang membedakan hanya proses pembungkusan sehingga membuat ketupat terlihat lebih padat ketimbang nasi. Ketupat sendiri juga bisa dipakai untuk makanan khas berbagai daerah seperti kupat tahu, kupat glabet, dan kupat gule. Ketupat dijual di warung makan dengan harga mulai Rp1.000.

2. Opor Ayam

Makanan khas lebaran berikutnya yaitu opor ayam. Merupakan sahabat sejati dari kuliner yang dihidangkan tatkala Hari Raya Idul Fitri. Yang membuat opor ayam lezat ialah dagingnya lembut, mudah dikunyah, serta kuahnya yang begitu terasa gurih di lidah. Opor ayam dibuat dari bumbu serupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Ditambah sekian rebus ayam yang sudah lunak dan mudah dikonsumsi.

3. Rendang

Ada yang suka dan menjadikan rendang sebagai makanan favorit? Tidak salah memang, karena rendang merupakan makanan yang begitu nikmat, lezatnya sampai terasa berjam-jam tinggal di mulut. Rendang merupakan salah satu kuliner juga yang menjadi hidangan utama saat merayakan lebaran setiap tahun. Terbuat dari bumbu semacam cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Mempunyai cita rasa yang khas sekali dari campuran ideal rempah-rempah.

4. Sambal goreng kentang ati

Sebagian dari kita pasti tergila-gila dengan sambal, merupakan menu yang paling diburu oleh banyak orang. Makanan yang cenderung pedas ini mempunyai beragam toping seperti sambang goreng kentang ati. Terbuat dari kentang yang dipotong berbentuk dadu, dipadukan dengan ati rempela dan juga diiris balok kecil. Makanan ini cocok dengan beragam menu masakan khas Indonesia.

Itulah 4 masakan atau kuliner yang menjadi hidangan utama saat merayakan lebaran bersama keluarga. Karena belum bisa mudik, mungkin kita bisa memakai cara satu ini sebagai bentuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca!

  • Bagikan