Minuman Tradisional Khas Jawa yang Cocok Disajikan saat Musim Hujan - Tugujatim.id

Minuman Tradisional Khas Jawa yang Cocok Disajikan saat Musim Hujan

  • Bagikan
minuman tradisional. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi minuman tradisional. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Musim hujan seperti ini identik dengan hawa dingin. Tubuh yang terkena udara dingin biasanya rentan terkena penyakit. Nah, agar tubuh bisa merasa hangat dan terhindar dari penyakit, ada beberapa minuman tradisional khas Jawa yang cocok diminum saat musim hujan.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa minuman tradisional yang cocok disajikan saat musim hujan:

1. Wedang Jahe

Jahe, salah satu bumbu dapur yang satu ini banyak ditemui di pasaran. Bahkan, tanaman ini bisa dibudidayakan di pekarangan rumah. Tak heran, bila bumbu yang memiliki rasa pedas dan menghangatkan bagi tubuh saat dikonsumsi ini disebut tanaman obat keluarga (toga).

Jahe mengandung banyak manfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan mual, dan juga mengandung antioksidan tinggi.

Cara membuatnya pun tergolong gampang. Hanya mempersiapkan air yang dipanaskan di atas kompor, tunggu hingga masak. Sambil menunggu, kupas kulit jahe, lalu cuci hingga bersih.

Jika air sudah masak, tuangkan kedua ke dalam secangkir gelas, dan campur gula aren atau jawa. Aduk hingga merata. Wedang jahe siap dinikmati.

2. STMJ

STMJ memiliki kepanjangan susu, telur, madu, dan jahe. Minuman ini memiliki kombinasi rasa yang beragam. Hal itu disebabkan oleh bahannya yang bermacam-macam.

Susu kental manis berpadu dengan telur yang gurih, lembutnya susu, serta jahe yang menghangatkan. Campuran bahan-bahan ini menghasilkan minuman yang bercita rasa nikmat dan menimbulkan kehangatan di tubuh. Mengonsumsi minuman ini bisa meningkatkan kesehatan dan menjaga stamina tubuh.

3. Wedang Sereh, Jahe, dan Lemon

Wedang satu ini adalah perpaduan dari beberapa ramuan yakni sereh, jahe, dan lemon. Sereh baik untuk pencernaan, mencegah tekanan darah tinggi, menyembuhkan flu dan pilek serta kaya antioksidan. Untuk jahe memang menjadi bahan utama dalam membuat minuman yang menghangatkan.

Sedangkan lemon mengandung sifat anti bakteri, meningkatkan produksi sel darah putih, dan mengatasi terjadinya gangguan pencernaan.

Meminum wedang ini dijamin rasanya enak dan bikin hangat tubuh sehingga bisa usir masuk angin di musim hujan.

4.Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman tradisional dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan rempah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum.

Bahan asli dari minuman ini adalah campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Wedang uwuh dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa minuman tradisional yang bisa menjadi refrensi Anda di saat musim hujan seperti ini. Selamat mencoba dan menikmati!

  • Bagikan