Mobil Travel Gelap Pengangkut Pemudik Diamankan di Mapolres Tuban - Tugujatim.id

Mobil Travel Gelap Pengangkut Pemudik Diamankan di Mapolres Tuban

  • Bagikan
Petugas memeriksa sopir dan penumpag travel gelap yang masuk wilayah Kabupaten Tuban. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)
Petugas memeriksa sopir dan penumpag travel gelap yang masuk wilayah Kabupaten Tuban. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebuah mobil travel diamankan petugas gabungan di pos penyekatan Perbatasan Antar Provinsi Jatim-Jateng di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (06/05/2021). Diduga mobil travel gelap ini membawa penumpang yang mudik ke kampung halamannya.

Kasat Lantas Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono dalam keterangannya menyebutkan, petugas menyekat sejumlah kendaraan di pos perbatasan. Mulai Kamis dini hari sampai siang sudah ada puluhan kendaraan, baik penumpang umum maupun pribadi, disuruh putar balik.

Mobil travel  yang diduga membawa penumpang untuk mudik. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)
Mobil travel yang diduga membawa penumpang untuk mudik. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)

“Sasaran utamanya adalah kendaraan pribadi dari arah Jateng masuk wilayah Jatim yang terindikasi kategori pemudik dengan tetap berpedoman pada Surat Edaran No 13 Satgas Covid-19,” kata Kasat Lantas Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono.

Dalam kegiatan tersebut, petugas mengamankan satu unit kendaraan Toyota Hi-Ace Nopol DK-7412-FC dengan membawa empat penumpang. Sedangkan tindakan yang dilakukan, sopir Ixbal Fladirico, 23, alamat Perumdam PA-29 Singosari, Kabupaten Malang, bersama 4 penumpang di-rapid test. Empat penumpang lainnya, yakni Mastoha, 33; dan Mega Indah Wati, keduanya warga Desa Dasin, Kecamatan Tambakboyo. Kemudian Thuris Tiawanto Dwi Arafat, 24, asal Desa Pagersari, Kabupaten Tulungagung; dan Septiyan Galih, 23, warga Kedungkandang, Kabupaten Malang.

Petugas melihat mobil travel yang membawa pemudik. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)
Petugas melihat mobil travel yang membawa pemudik. (Foto: Humas Polres Tuban/Tugu Jatim)

Hasilnya, sopir reaktif, sedangkan empat penumpang lainnya non reaktif. Selanjutnya sopir dievakuasi oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tuban menuju Stadion Bumi Wali dalam rangka karantina isolasi. Dan dua penumpang yang berasal dari Tuban dikarantina dalam pengawasan PPKM mikro.

“Dua penumpang lainnya diantar oleh personel Satlantas Polres Tuban kembali ke Rembang (titik awal mereka berangkat, red),” ungkap Argo.

Penindakan tegas dilakukan kepada mobil travel gelap sesuai Pasal 308 UULAJ Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas kepada Travel Gelap. Sementara kendaraan diamankan di Mapolres Tuban.

  • Bagikan