Modus Pura-Pura Ikut Salat, Maling di Pasuruan Gondol Motor Jamaah Masjid Nurul Amanah - Tugujatim.id

Modus Pura-Pura Ikut Salat, Maling di Pasuruan Gondol Motor Jamaah Masjid Nurul Amanah

  • Bagikan
Maling di Pasuruan. (Foto: tangkapan layar CCTV masjid/Tugu Jatim)
Aksi maling motor terekam CCTV di Masjid Nurul Amanah, Kejayan, Kabupaten Pasuruan. (Foto: tangkapan layar CCTV masjid)

PASURUAN, Tugujatim.id – Beragam cara dan modus digunakan oleh para pelaku curanmor untuk bisa melancarkan aksinya. Salah satunya seperti yang dilakukan maling di Pasuruan yang melancarkan aksinya di Masjid Nurul Amanah, Kejayan, Kabupaten Pasuruan, dengan berpura-pura ikut salat berjamaah Magrib.

Dengan memakai baju koko lengkap dengan sarung dan kopiah, seorang pria dengan santainya masuk dan langsung menjebol kunci motor Honda Vario milik jamaah Masjid Nurul Amanah di Desa Wrati, Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jumat (28/01/2022).

Maling di Pasuruan itu sempat bersembunyi di balik semak-semak ketika melihat ada seorang warga yang lewat. Ketika melihat kondisi aman ketika para jamaah sedang fokus beribadah, pelaku kembali melancarkan aksinya. Hanya butuh waktu kurang dari 15 detik, pelaku berhasil menjebol gembok di bagian cakram dan membawa kabur motor Honda Vario bernopol N 6188 TDG.

Maling di Pasuruan. (Foto: tangkapan layar CCTV masjid/Tugu Jatim)
Pelaku pencurian motor yang terekam CCTV di Kabupaten Pasuruan. (Foto: tangkapan layar CCTV masjid)

Menurut Asnawi, anggota takmir Masjid Nurul Amanah, kejadian pencurian motor terjadi sekitar pukul 18.10 WIB. Aksi pencurian motor itu terjadi sangat cepat. Korban baru menyadari motor miliknya hilang ketika selesai salat Magrib berjamaah.

“Lepas waktu salat itu sudah tahiyat akhir ada orang yang mendengar suara motor, orangnya terus lari,” ujarnya.

Dia mengatakan, si pemilik motornya bernama Muhammad Zakariya. Korban sudah melaporkan kejadian pencurian tersebut ke Polsek Kejayan.

“Itu motor warga sini, punyanya Pak Ahmad. Sepertinya sudah laporan ke polsek, tadi ada polisi ke sini,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolsek Kejayan Iptu Ismanto membenarkan jika ada laporan pencurian motor di wilayahnya.

“Korban waktu itu sedang salat jamaah di Masjid Nurul Amanah. Setelah salat, motornya sudah tidak ada. Waktu itu motor terkunci setir dan digembok,” ungkapnya.

Iswanto menambahkan, maling di Pasuruan ini berhasil mencuri motor Honda Vario bernopol N 6188 TDG yang belum lunas kredit.

“Menurut laporan korban, motornya baru saja dikredit selama 6 bulan,” ujarnya.

  • Bagikan