Mudah dan Cepat untuk Sarapan, 3 Resep Olahan Roti Tawar Ini hanya Butuh 3 Bahan Saja

Mudah dan Cepat untuk Sarapan, 3 Resep Olahan Roti Tawar Ini hanya Butuh 3 Bahan Saja

  • Bagikan
Sandwich stroberi
Sandwich stroberi. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idSarapan sangat penting agar dapat beraktivitas seharian dengan baik. Melansir dari Alodokter, salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi.

Layaknya mobil, kamu butuh bahan bakar untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting dalam memulai harimu.

Tak melulu harus makan nasi, banyak pilihan makanan yang dapat jadikan menu sarapan. Roti tawar misalnya. Roti tawar mengandung vitamin B, kalsium, folat, zat besi, dan beberapa nutrisi lainnya sehingga bisa membuat tubuhmu lebih berenergi.

Biar tidak bosan dengan roti tawar dimakan langsung atau dioles selai, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan enak. Berikut 3 resep roti tawar untuk menu sarapanmu.

1. Palm Sugar Butter Toast

Olahan roti ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah kamu temukan di rumah. Resepnya sebagai berikut.

Bahan: roti tawar, 2 sdm mentega, 2 sdm gula palm.
Cara membuat: campur 2 sdm mentega dan 2 sdm gula palm ke dalam mangkuk, aduk hingga rata. Oleskan campuran mentega dan gula palm ke kedua sisi roti tawar hingga menyeluruh. Siapkan teflon anti lengket, nyalakan dengan api kecil hingga panas. Panggang roti hingga kecoklatan dan matang, bolak-balik agar merata. Roti panggang siap disajikan selagi hangat.

2. Sandwich Stroberi

Jika kamu masih punya whipped cream dan buah di rumah, tidak ada salahnya mencoba olahan roti tawar ini. Sandwich stroberi merupakan salah satu varian dari sandwich buah Jepang. Tidak harus stroberi, kamu juga bisa menggantinya dengan aneka buah segar seperti jeruk mandarin, kiwi hijau, kiwi kuning, mangga, anggur hijau tanpa biji, anggur merah tanpa biji, atau pisang.

Bahan: 2 lembar roti tawar, Whipped Cream, 9 buah Stroberi
Cara membuat: oleskan whipped cream pada satu sisi kedua roti. Susun stroberi di bagian atas krim dan lapisi lagi dengan krim. Tutup lapisan krim dan stroberi tadi dengan lembar roti lain yang sudah dilapisi krim sebelumnya. Bungkus dengan plastik wrap dan dinginkan di lemari es selama lebih kurang 10-15 menit untuk menyatukan semua bahan di dalamnya. Potong sandwich secara diagonal dan siap disantap.

3. Roti Isi Telur

Olahan roti ini juga simpel dan bahan-bahannya mudah kamu temukan di rumah.

Bahan: 1 lembar roti tawar,1 butir telur, mentega, sejumput garam
Cara membuat: lubangi tengah roti dengan menggunakan cetakan kue/mangkuk kecil berbentuk lingkaran. Oleskan mentega di satu sisi roti yang sudah dilubangi tadi. Panaskan mentega diteflon. Letakkan roti dengan sisi yang tidak diolesi diteflon tadi. Panggang dengan api kecil, balik jika sudah kecoklatan. Tambahkan sedikit mentega di lubang roti tadi. Tuang telur (tanpa dikocok) di lubang roti. Taburkan sejumput garam di area telur. Tutup teflon agar telur matang sesuai dengan tingkat kematangan yang kamu inginkan. Terakhir, letakkan roti isi telur di piring dan siap disantap.

  • Bagikan