Mudik Bawa Hewan Peliharaan, Ini Tips dari Kepala Dokter Hewan Kebun Binatang Surabaya - Tugujatim.id

Mudik Bawa Hewan Peliharaan, Ini Tips dari Kepala Dokter Hewan Kebun Binatang Surabaya

  • Bagikan
hewan peliharaan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi hewan peliharaan. (Foto: Pexels)

SURABAYA, Tugujatim.id – Hewan peliharaan kini menjadi teman atau bagian dalam keluarga. Dan ke mana pun kita pergi, mereka biasanya selalu dibawa agar tetap terawat. Apalagi jika mereka dibawa saat mudik Lebaran 2022.

Tapi, banyak beberapa ruang publik yang tidak ramah atau memperbolehkan hewan peliharaan masuk. Karena itu, Kepala Dokter Hewan Kebun Binatang Surabaya Drh Liang Kaspe mengakui Indonesia belum ramah untuk hewan peliharaan.

“Hampir tidak ada hotel atau tempat publik yang memperbolehkan hewan peliharaan masuk,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Drh Liang Kaspe menyebutkan, ada beberapa tips jika mengharuskan membawa hewan peliharaan untuk dibawa bepergian.

“Jika harus membawa binatang untuk bepergian seperti mudik, tiap dua jam sekali harus berhenti dan tak terkena matahari langsung. Khususnya hewan peliharaan seperti kucing harus mengenakan tali untuk selalu diajak keluar guna peregangan,” katanya.

Menurut dia, pemilik harus mengerti kondisi hewan peliharaan dan orang di sekitarnya yang belum tentu suka dengan hewan tersebut. Dengan begitu, lebih baik hewan tersebut dititipkan saja di tempat penitipan hewan.

“Kalau menurut saya baiknya mending dititipkan saja di tempat penitipan hewan atau sanak keluarga yang tidak mudik. Kasihan juga kalau pemilik tidak telaten atau tak mengerti kondisi hewannya seperti apa,” ungkap perempuan berkacamata itu.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan