News  

“Ngalap” Berkah Haul Kiai Abdul Hamid, Puluhan Pedagang Luar Kota Serbu Kota Pasuruan

Haul Kiai Abdul Hamid. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Pedagang dari luar Kota Pasuruan berdatangan untuk berjualan sekaligus ngalap berkah saat Haul Kiai Abdul Hamid pada Rabu (05/10/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Peringatan Haul Kiai Abdul Hamid ke-41 di Kota Pasuruan, Rabu (05/10/2022), membawa berkah bagi para pedagang. Tak hanya dari Kota Pasuruan, puluhan pedagang dari luar kota ikut menyerbu untuk “ngalap” berkah pada momen ini.

Berdasarkan pantauan puluhan pedagang dari berbagai daerah tampak memenuhi sekeliling jalanan di sekitar Alun-Alun Kota Pasuruan. Rata-rata pedagang didominasi penjual kuliner dan pernak-pernik bernuansa Islam.

Salah satunya Ahadiyah, 50, perempuan ini rela datang dari Demak, Jawa Tengah, untuk menjajakan kue dagangannya di Haul Kiai Abdul Hamid. Ahadiyah mengaku setiap tahun dia selalu menyempatkan untuk datang berjualan kue tradisional saat haul digelar.

“Mulai kemarin pagi sudah jualan. Ya jual dodol ini,” ujar Ahadiyah.

Haul Kiai Abdul Hamid. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Pedagang dodol yang berjualan saat Haul Kiai Abdul Hamid di Kota Pasuruan, Rabu (05/10/2022). (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

Jualan kue dodol milik Ahadiyah ini laris manis diburu para jamaah. Terutama jamaah dari luar Kota Pasuruan yang ingin mencari oleh-oleh.

Dia mengaku selain berjualan, dirinya memang berharap mendapat berkah dari Haul Kiai Abdul Hamid.

“Ngalap barokah, nggak cuma Pasuruan, di Solo, Malang juga kalau ada keagamaan saya rutin jualan. Dan jualan di Pasuruan ini sudah agenda rutin saya,” tuturnya.

Selain itu, Matasan, 38, seorang pedagang baju muslim asal Kota Malang ini juga mengaku sudah jauh-jauh hari datang ke Kota Pasuruan. Dia berharap dagangannya habis diburu para jamaah haul yang berbondong-bondong datang ke Kota Pasuruan.

“Kemarin malam sudah datang, semoga barokah,” ujarnya.