Menang 2-1 atas Austria, Olivier Giroud Jadi Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Prancis

Olivier Giroud. (Foto: IG @oliviergiroud/Tugu Jatim)
Striker AC Milan Olivier Giroud melakukan selebrasi usai cetak gol dan pecahkan rekor pencetak gol tertua di Prancis. (Foto: IG @oliviergiroud)

Tugujatim.id – Jelang Piala Dunia 2022, Prancis menjaga harapan mereka untuk tetap bisa bermain di Piala Dunia dengan memastikan kemenangan kandang 2-0 atas Austria pada UEFA Nations League di Stade de France, Saint-Denis, Jumat dini hari (23/09/2022). Hasil ini menjadi kemenangan perdana Prancis dengan menorehkan pencetak gol tertuanya yaitu Olivier Giroud.

Prancis menghadapi Austria tidak menggunakan squad utama karena Karim Benzema mengalami cedera bersama Real Madrid. Sebagai gantinya, Didier Deschamps memutuskan memanggil kembali penyerang AC Milan, Olivier Giroud.

Olivier Giroud diberi kesempatan bermain bersama Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe mengisi daya gempur lini depan Les Bleus melawan Austria.

Les Bleus mendominasi dengan gol awal Kylian Mbappe dianulir karena offside dan tendangan sepeda Aurelien Tchouameni ditepis ke mistar gawang. Giroud memberi umpan terobosan cantik kepada Mbappe untuk gol pembuka yang bagus.

Mbappe pun berhasil menggetarkan gawang Austria di menit ke-56. Setelah menerima umpan terobosan dari Giroud, Mbappe meliuk-liuk, menusuk kotak penalti sebelum menuntaskan dengan sepakan kaki kanan ke sudut atas gawang Austria.

Olivier Giroud mencetak gol kedua Prancis. Ini menjadi gol ke-49 eks penyerang Arsenal dan Chelsea tersebut untuk Prancis. Jumlah itu berarti tertinggal dua gol dari rekor Thierry Henry selaku pencetak gol terbanyak Les Bleus. Terpenting, dia menjadi pemain tertua yang cetak gol untuk Prancis, yaitu 35 tahun 357 hari.

Olivier Giroud pada usia 35 tahun 357 hari menjadi pencetak gol tertua Timnas Prancis, melewati Roger Marche (35 tahun 287 hari pada Desember 1959 melawan Spanyol). Berkat torehan itu, Giroud juga berpeluang melewati rekor Thierry Henry sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Prancis.

Giroud kini hanya terpaut dua gol di belakang rekor 51 gol Thierry Henry di Prancis. Angka tersebut bisa bertambah jika Giroud mampu memberikan penampilan terbaik pada Piala Dunia 2022. Dia hanya butuh tiga gol lagi, sebelum menyalip torehan Thierry Henry yang menciptakan 51 gol. Bisa jadi Giroud akan menyalip rekor Henry pada Piala Dunia 2022.

Dengan hasil yang menjadikan kemenangan pertama Prancis setelah gagal menang di empat pertandingan sebelumnya, pasukan Didier Deschamps itu kini menempati peringkat ketiga di klasemen League A Grup 1 usai mengoleksi lima poin, tertinggal lima poin dari Kroasia di posisi teratas.

Prancis yang akan terdegradasi jika kalah, bergerak di atas Austria menuju final Grup A1 pada Minggu (25/09/2022) di Denmark. Kroasia memimpin grup setelah menang 2-1 melawan Denmark yang akan memastikan posisi teratas sendiri jika mereka menang di Zagreb.

Kroasia hanya perlu mengalahkan Austria pada Minggu untuk lolos ke putaran final tahun depan dan memesan tempat play-off Euro 2024.