Ombak Besar di Lekok Pasuruan Hancurkan Dinding Pembatas Laut, Air Masuk ke Rumah Warga di 2 Dusun - Tugujatim.id

Ombak Besar di Lekok Pasuruan Hancurkan Dinding Pembatas Laut, Air Masuk ke Rumah Warga di 2 Dusun

  • Bagikan
Ombak besar. (Foto: Warga/Tugu Jatim)
Ombak besar menerjang dan merusak pembatas laut di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Kamis (19/05/2022). (Foto: Warga)

PASURUAN, Tugujatim.id – Ombak besar air laut menerjang wilayah Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Kamis (19/05/2022). Terjangan ombak bahkan menghancurkan dinding pembatas laut di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Akibatnya, air laut masuk ke pemukiman warga.

Menurut Kepala Desa Wates Makhrus, ada puluhan rumah warga di dua dusun yang terdampak ombak besar itu. Mulai dari Dusun Pasir Panjang hingga Dusun Nangger.

“Ombak besar masuk ke rumah warga. Ada sekitar puluhan rumah yang dekat dengan laut,” ujar Makhrus.

Ombak besar. (Foto: Warga/Tugu Jatim)
Dinding pembatas laut rusak akibat ombak besar menerjang di Desa Wates, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Kamis (19/05/2022). (Foto: Warga)

Karena dinding pembatas laut sudah rusak, Makhrus meminta warga yang tinggal di pinggir laut agar lebih waspada. Menurut dia, kondisi angin laut saat ini masih cenderung kencang sehingga dikhawatirkan masih akan terjadi ombak susulan yang bisa merusak rumah warga.

“Kalau angin ini masih kencang, khawatirnya ada rumah rusak. Warga saya minta agar waspada,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Tugu Jatim, kondisi naiknya debit air laut sudah terjadi sejak empat hari belakangan. Luapan air laut ini juga mengakibatkan banjir rob di tiga kecamatan di sepanjang pesisir Pasuruan. Di antaranya, Kecamatan Kraton; Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan; serta Kelurahan Mandaran, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan