Tahun Ini Banjir Rob Terparah di Pasuruan, Sejumlah Nelayan Berhenti Melaut

Tahun Ini Banjir Rob Terparah di Pasuruan, Sejumlah Nelayan Berhenti Melaut

  • Bagikan
Banjir rob merendam pemukiman di Dusun Kisik, Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan selama tiga hari.
Banjir rob merendam pemukiman di Dusun Kisik, Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan selama tiga hari. (Foto: Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.idBanjir rob kembali merendam ratusan rumah warga di sepanjang pesisir Pasuruan pada Rabu (18/5/2022). Berdasarkan pantauan, banjir rob sudah merendam selama 3 hari berturut-turut.

Wilayah pesisir Pasuruan yang terdampak banjir cukup parah berada di Dusun Kisik, Desa Kalirejo Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Saliman (45), banjir rob pada tahun ini merupakan banjir terparah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ketinggian air bahkan mencapai hampir 50 cm.

“Saya di sini mulai SMP, tahun ini paling parah. Yang di dekat laut malah sampai sepaha,” ujar Saliman.

Dia menyatakan banjir rob ini memang selalu jadi langganan setiap tahun. Luapan air laut ini bisa terjadi hingga 3 sampai 4 kali dalam setahun. Meskipun begitu, ia tetap khawatir jika air laut terus meninggi. Saliman pun rela tidak pergi melaut, karena takut terjadi apa-apa dengan keluarganya.

“Beberapa tahun lalu, sempat ada rumah warga jebol kena ombak. Daripada anak istri ada apa-apa, mending saya libur melaut dulu,” imbuhnya.

Sangking tingginya banjir, luapan air laut sampai masuk ke beberapa rumah warga. Ketinggian air di dalam rumah warga berkisar antara 10 hingga 20 cm.

“Sudah dua hari ini airnya masuk ke rumah terus, banjirnya lebih besar dari tahun kemarin,” ucap Sholikha.

Selain di Kecamatan Kraton, banjir rob juga masih merendam Desa Kalirejo, Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan dan Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan