Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Kembali Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Kembali Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana saat mengisi acara Komunikasi dan Motivasi di BRI Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (11/8/2021)/tugu jatim
Dr Aqua Dwipayana saat mengisi acara Komunikasi dan Motivasi di BRI Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (11/8/2021). (Foto: Dokumen)

SEMARANG, Tugujatim.id – Setelah sukses melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Rabu (11/8/2021) sore lalu di Hotel Astoria Mataram, Jumat (27/8/2021) pagi ini, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua kembali melakukan hal serupa di Kantor BRI Wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Saat di Mataram yang mengundangnya adalah PimpinanCabang BRI Mataram Bayu Adityo. Acara tersebut telah lama direncanakan.

Tema Sharing Komunikasi dan Motivasinya adalah “Semangat Mengukir Prestasi dan Berkontribusi Aktif untuk Kemajuan Perusahaan”. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka “Focus Group Discussion Internal II” Kantor Cabang BRI Mataram

Sedangkan acara Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor BRI Wilayah Semarang
Jalan Teuku Umar 24 Semarang dilaksanakan mendadak. Kepastian tentang itu diperolehnya Kamis tadi malam, 26 Agustus 2021 dari Pimpinan Wilayah BRI Semarang Wahyu Sulistiyono.

Saat komunikasi dengan Wahyu, Dr Aqua menyampaikankan niat untuk silaturahim kepada mantan Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru, Riau tersebut.

“Pukul berapa Pak Aqua mau ketemu saya? Pukul 09.00 pagi saya ada acara dengan Pemprov Jateng. Terus pukul 14.00 ke atas saya ketemu  dengan debitur. Mungkin yang available antara pukul 10.00 sd jam pukul 11.00, Pak Aqua,” ujar Wahyu.

Dr Aqua langsung merespon. “Siap Pak WAHYU. Alhamdulillah… Pukul 08.00 apakah Bapak ada di kantor? Jika tidak memungkinkan pukul 10.00. Makasih banyak Pak WAHYU.”

Begitu Wahyu menginfokan pukul 08.00 setiap hari kerja ada rapat pagi bersama jajarannya, Dr Aqua langsung menawarkan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Motivator ulung terseebut yakin kegiatan itu sangat bermanfaat buat semua pegawainya.

Gayung bersambut. Wahyu memiliki pemikian yang sama dengan Dr Aqua. Sehingga mereka sepakat ketemu Jumat pagi ini yang diawali dengan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran Wahyu yang bertugas di Kantor Wilayah BRI Semarang.

“Wow silakan Pak Aqua, dengan senang hati. Kami briefing pagi biasanya mulai pukul 07.30, silakan kalau Bapak mau isi pukul 08.00,” lanjut Wahyu.

Dr Aqua sangat senang dengan amanah yang diberikan Wahyu. Meski mendadak namun pembicara profesional yang sangat berpengalaman itu siap sekali melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Wilayah BRI Semarang.

“Siap Pak WAHYU. Alhamdulillah… Bapak memberikan rezeki kepada saya. Insya ALLAH besok pagi saya bisa banyak belajar pada Pak WAHYU dan jajaran Bapak. Saya siap hadir mulai pukul 07.30. Sekaligus belajar dari semua yang dikomunikasi pada rapat pagi itu. Makasih banyak Pak WAHYU,” respon Dr Aqua.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor BRI Wilayah Semarang sebelum nanti siang kembali ke Bogor, Jawa Barat, via Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

Belajar Komunikasi
Sebagai pembicara profesional selama ini Dr Aqua sudah terbiasa Sharing Komunikasi dan Motivasi secara mendadak. Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) pusat itu tahu kebutuhan para peserta termasuk di Kantor BRI Wilayah Semarang.

Saat komunikasi dengan Wahyu mendiskusikan tentang rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi Jumat pagi ini, Dr Aqua langsung membayangkan berbagai hal yang bakal disampaikannya. Terutama dikaitkan dengan pandemi Covid-19.

Mantan wartawan di banyak media besar itu yakin yang akan disampaikannya bermanfaat buat semua peserta yang hadir. Apalagi itu dikaitkan dengan pengetahuan tentang Ilmu Komunikasi yang selama ini menjadi kompetensi dan keunggulannya.

“Agar sukses melaksanakan berbagai aktivitas sebagai karyawan, mutlak belajar dan mendalami komunikasi. Itu penting karena dalam aktivitas sehari-hari komunikasi yang paling dominan,” ungkap Dr Aqua.

Menurutnya pegawai yang memperhatikan komunikasinya setiap berinteraksi dengan orang lain serta mengutamakan etika dan kesantunan saat melaksanakan itu akan diterima lingkungan. Kerjanya akan lancar termasuk yang berhubungan dengan pihak lain.

Dr Aqua sebelumnya pada Jumat pagi, 25 Juni 2021 lalu melakukan hal serupa seperti di Kantor BRI Wilayah Semarang di Kantor BPD Bali Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat. Waktu itu Kepalanya I Gede Muliawan yang meminta Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya.

Mendapat “tantangan” dari Muliawan untuk berbagi dengan jajarannya, Dr Aqua langsung menyanggupinya. Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu sangat bersyukur dan senang sekali mendapat amanah tersebut.

Sebelumnya pada Selasa (24/8/2021) siang, lalu lewat Kepala Audit Intern BRI Wilayah Semarang, Jawa Tengah, Kaspiyah, Dr Aqua menitipkan dua buku “super best seller” karya kepada Wahyu. Mereka tidak ketemu karena Wahyu sedang rapat.

Kedua buku itu berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

“Ysh. Pak Aqua, terima kasih atas kiriman bukunya ya. Mohon maaf tadi gak sempat ketemu karena saya lagi zoom meeting dengan Direktur HC BRI,” ujar Wahyu lewat WA sambil mengirimkan foto kedua buku itu.

  • Bagikan