Pasar Wisata Bojonegoro Siap Beroperasional pada 2022 - Tugujatim.id

Pasar Wisata Bojonegoro Siap Beroperasional pada 2022

  • Bagikan
Pasar Wisata Bojonegoro.(Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Pasar Wisata di Jalan Lettu Suwolo Bojonegoro. (Foto: Istimewa)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pengerjaan Pasar Wisata atau dulu disebut Pasar Banjarejo Unit II yang terletak di area pasar hewan Kota Bojonegoro telah rampung 100 persen. Diperkirakan, Pasar Wisata Bojonegoro itu bisa beroperasional dan berfungsi pada awal 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Bojonegoro Beny Kurniawan menjelaskan, pengerjaan fisik Pasar Wisata Bojonegoro yang terletak di Jalan Lettu Suwolo itu telah selesai dan tinggal difungsikan.

Beny menyebut, pasar ini memiliki luas total bangunan yakni 15.335,6 meter persegi. Itu dibagi atas dua bangunan yaitu Gedung A dan Gedung B masing-masing dua lantai. Berisi total sebanyak 206 kios, 951 los basah, dan 559 los kering.

Dia melanjutkan, beberapa fasilitas juga turut dibangun, di antaranya musala dan kamar mandi di setiap lantai. Fasilitas umum lainnya yaitu kantor pengelola pasar, lahan parkir luas yang dapat menampung sekitar 39 mobil dan 112 motor.

Kemudian dilengkapi juga dengan loading dock atau tempat bongkar muat barang serta fasilitas K3, seperti instalasi fire hydrant dan fire alarm system. Untuk pengelolaan lingkungan, Pasar Wisata Bojonegoro dilengkapi juga dengan IPAL dan TPS.

Beny juga mengungkapkan, Pasar Wisata Bojonegoro mulai bisa difungsikan pada 2022. Harapannya ini menjadi infrastruktur penting untuk perdagangan.

“Tahun depan sudah bisa dioperasikan dan tinggal peresmiannya saja. Pasar Wisata ini menjadi infrastruktur penting untuk berlangsungnya aktivitas perdagangan. Tentunya semua pihak mengupayakan untuk memanfaatkan fungsi bangunan tersebut sebagaimana mestinya,” sambungnya.

Selain itu, Beny melanjutkan, keberadaan Pasar Wisata ini menjadi penting untuk aktivitas perdagangan dan perputaran ekonomi.

Untuk diketahui, pembangunan dikerjakan selama delapan bulan dan rampung di akhir November 2021.

  • Bagikan