Pasien Menumpuk, RSSA Malang Rencana Tambah Ruang Isolasi COVID-19 - Tugujatim.id

Pasien Menumpuk, RSSA Malang Rencana Tambah Ruang Isolasi COVID-19

  • Bagikan
RSSA Kota Malang, Ruang Isolasi Corona di RSSA Kota Malang Penuh, Banyak Tampung Pasien Luar Daerah
Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. (Foto: AZM)

Malang – Dalam beberapa waktu ini ruang isolasi khusus COVID-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang dikethui penuh. Dari informasi yang dihimpun Tugu Malang ID, partner Tugu Jatim, terdapat 83 bed isolasi di rumah sakit rujukan utama pasien COVID-19 itu penuh. Bahkan, di IGD juga terjadi penumpukan pasien dengan gejala berat.

Hal ini diungkapkan Kassubag RSSA Kota Malang, Donny Iryan, berkaca dari situasi ini, pihaknya akan menambah kapasitas ruangan isolasi dalam waktu dekat. Yang paling memungkinkan, pihaknya bisa menambah 10 ruang isolasi.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

“Kalau bisa, ruangan bekas unit Hemodialisa (cuci darah) dan ruangan lain akan difungsikan sebagai kamar isolasi. Tapi masih belum bisa eksekusi sekarang,” ungkap dia, dihubungi, belum lama ini.

Nantinya, rencana penambahan ruang isolasi ini masih akan menunggu koordinasi dengan jajaran manajemen internal RSSA Kota Malang. Saat ini, pasien COVID-19 bergejala berat diprioritaskan dirawat di ruang IGD dulu.

“Dari total 20 bed di IGD yang dimiliki, sebanyak 18 bed sudah terisi. Untuk darurat, kami modifikasi bisa sampai 30 bed,” ungkapnya.

Terpisah, Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang Nur Widianto membenarkan hal serupa, bahwa RSSA Malang selama ini memang tidak hanya melayani pasien dari Kota Malang. ”Sebagian pasien dari luar kotta, di wilayah Malang Raya,” kata dia. (azm/gg)

  • Bagikan