Pembangunan Trotoar di Depan Mall Sarinah Bahayakan Pengendara, Pemkot Malang Pasang Traffic Cone - Tugujatim.id

Pembangunan Trotoar di Depan Mall Sarinah Bahayakan Pengendara, Pemkot Malang Pasang Traffic Cone

  • Bagikan
Pembangunan trotoar. (Foto: Nurukhfi Mega/Tugu Jatim)
Penggalian aspal di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, depan Mall Sarinah, Kota Malang, Senin (20/06/2022). (Foto: Nurukhfi Mega/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Proyek penataan zona III Kayutangan Heritage, Kota Malang, ternyata berdampak pada pengendara di jalanan. Sebab, galian aspal dalam pembangunan trotoar yang berlanjut di depan Mall Sarinah diduga bisa membahayakan pengguna jalan.

Pembangunan trotoar itu pun mendapatkan banyak keluhan dari masyarakat Kota Malang. Sebab, ada pengendara yang hampir terjungkal dari motor saat melewati jalan tersebut karena tidak menyadari ada konstruksi jalan di sana. Selain itu, tidak tersedianya tanda pengaman berupa tanda peringatan dan traffic cone hingga mereka tidak waspada.

Hal ini awalnya dikeluhkan oleh akun Twitter @aiyu_asayaka yang hampir jatuh saat hendak berbelok ke arah Mall Alun-Alun Kota dari arah Mall Sarinah pada Jumat (17/06/22).

“Reeek, yang naik motor, ati2 yang lewat depan Sarinah mo belok ke arah Ramayana, kiri jalan, kalo malem ga keliatan ada lubang lumayan panjang entah bekas kabel atau emang aspalnya anjlok.. aku abis keblowoooccckkk hareee… hadeeee @infomalang,” keluhnya dalam akun tersebut.

Pembangunan trotoar. (Foto: Nurukhfi Mega/Tugu Jatim)
Pengendara yang melintas di depan Mall Sarinah Kota Malang, Senin (20/06/2022). (Foto: Nurukhfi Mega/Tugu Jatim)

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Malang (Pemkot) berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) mengambil sikap dengan memasang tanda pengaman berupa traffic cone dan police line. Saat ditelusuri langsung pada Senin (20/06/2022), tanda peringatan berupa traffic cone dan police line terbentang sepanjang kurang lebih 80 meter. Mulai dari jalan depan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus hingga jalan depan Mall Sarinah. Nampak juga lubang di sepanjang galian aspal itu ditimbun dengan tanah agar tidak membahayakan pengendara yang melintas.

Sementara itu, akun Twitter resmi Pemkot Malang (@PemkotMalang) juga menjelaskan proses penataan saat ini termasuk dengan penyelesaian saluran khusus untuk tempat kabel di kedua sisi trotoar. Pemindahan kabel ke sistem bawah tanah oleh provider telco sudah dikoordinasikan dan akan dilakukan setelah ducting selesai dibangun.

Meski sudah dipasang tanda peringatan, Pemkot Malang mengimbau pengendara yang akan melewati Jalan Jenderal Basuki Rahmat dan Jalan Merdeka Utara untuk selalu berhati-hati dan memelankan laju kendaraannya, terutama saat malam hari, agar menghindari kemungkinan kecelakaan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan