Pemkab Tuban Siapkan Faskes untuk Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pasca Lebaran - Tugujatim.id

Pemkab Tuban Siapkan Faskes untuk Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pasca Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi tempat Wisata Pantai Kelapa Tuban yang diambil pada 11 April 2021. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Ilustrasi tempat Wisata Pantai Kelapa Tuban yang diambil pada 11 April 2021. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi lonjakan usai libur Lebaran tahun ini. Berkaca pada tahun sebelumnya, angka terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat pasca liburan panjang. Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein saat dikonfirmasi mengatakan, fasilitas kesehatan yang ada dipersiapkan lagi. Baik kamar, bed, ruangan, maupun tenaga kesehatannya.

“Rumah isolasi kami tambah bed-nya. Selain itu, rumah sakit rujukan atau penyanggah agar segera mempersiapkan diri,” ujar Wabup Tuban Noor Nahar Husein beberapa waktu lalu.

Sedangkan data rumah sakit rujukan di Bumi Wali, di antaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R. Koesma, RSUD Ali Mansyur, RSNU, RS Medika Mulia, dan RS Muhammadiyah Tuban.

Dia juga mengimbau kepada pengelola tempat wisata untuk memperhatikan kapasitas pengunjung yang ada. Sebagaimana arahan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pembatasan pengunjung setidaknya tak lebih dari 30 persen dari kapasitas.

“Ini harus ada kesadaran tinggi dari pengelola tempat wisata. Harus betul-betul dilakukan prokesnya. Dikhawatirkan, jika terjadi ledakan dan tempat wisata ditutup lagi, yang rugi kan kita semua. Jadi, harus diperhatikan,” tambah wabup dua periode ini.

Kendati Kabupaten Tuban telah masuk pada zona kuning atau kawasan dengan risiko penularan Covid-19 rendah, pemkab akan terus me-warning semua warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Ini kami minta masyarakat juga ikut andil untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Untuk diketahui, peta sebaran Covid-19 di Bumi Wali pada Selasa (11/05/2021) mengalami penurunan. Secara kumulatif ada 3.626 kasus, dengan angka kesembuhan 3.184 pasien. Sedangkan pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 ada 396 orang, tersisa 46 pasien yang mendapatkan perawatan medis.

  • Bagikan