Pemkot Batu Targetkan 24 Desa Miliki Perpusdes di Tahun 2022 - Tugujatim.id

Pemkot Batu Targetkan 24 Desa Miliki Perpusdes di Tahun 2022

  • Bagikan
Perpustakaan Umum Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu) tugu jatim perpusdes pemkot batu
Perpustakaan Umum Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

BATU, Tugujatim.id – Pemkot Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mendorong 24 desa/kelurahan di Kota Apel segera memiliki perpustakaan desa (perpusdes) masing-masing untuk meningkatkan budaya literasi.

Untuk diketahui, saat ini perpusdes hanya terdapat di 4 desa, yakni di Desa Beji, Desa Oro-oro Ombo, Desa Sumberejo dan Desa Tulungrejo. Ditargetkan, desa lain bakal memiliki perpusdes maksimal pada tahun 2022 mendatang.

”Program ini kami targetkan hingga 2022 nanti. Kami terus berusaha menggugah kepala desa mewujudkan Perpusdes,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi, Rabu (13/10/2021).

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mendatangi satu-persatu desa-desa untuk menumbuhkan kesadaran literasi ini. Tak hanya itu, Badan Permusyawaratan Desa juga akan didorong untuk mensosialisasikan hal ini.

”Dengan begitu, realisasi anggaran perpusdes ini juga bisa segera dilakukan,” kata dia.

Saat ini, di beberapa desa masalahnya terletak pada ketersediaan tempat. Namun, kata Shanty hal itu tidak jadi masalah utama. Nantinya, eksistensi Perpusdes tergantung juga dari perhatian desa masing-masing dalam pengelolaannya.

Dari segi anggaran, menurut mantan Kabag Humas ini, Perpusdes tidak butuh biaya besar. Menurut dia, perkiraan pembangunan Perpusdes sebelumnya hanya mencapai Rp100-200 juta. ”Semua mandiri, dari desa dan untuk desa demi mewujudkan budaya literasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Kepala Desa dan Lurah (APEL) Kota Batu, Wiweko mengaku sepakat dengan program ini. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mendorong desa/kelurahan di Kota Batu memiliki perpusdes.

”Perpusdes ini sangat penting karena anak-anak ini kalau mau baca-baca buku gak jauh-jauh ke perpus kota,” ujarnya.

  • Bagikan