Pemkot Malang Target 70 Persen Warga Sudah Tervaksin pada Akhir 2021 - Tugujatim.id

Pemkot Malang Target 70 Persen Warga Sudah Tervaksin pada Akhir 2021

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemkot Malang mendapatkan tugas serius untuk memvaksinasi 70 persen warganya sampai akhir 2021 ini. Namun, hingga saat ini baru 48 persen yang tervaksin dari total sekitar 843.810 jiwa warga Kota Malang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, 22 persen warga yang belum tervaksin kebanyakan dari kalangan remaja.

“Yang belum tervaksin rata-rata ya masyarakat umum dan remaja,” terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (04/08/2021).

Karena itu, Dinkes Kota Malang akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang untuk bisa melaksanakan vaksinasi di setiap sekolah di Kota Malang.

“Kami akan mengoordinasikan hal ini dengan disdik, nanti akan kami jadwalkan,” ungkapnya.

Tak hanya berhenti di situ saja, saat ini Pemkot Malang juga memiliki masalah lain. Yaitu, tersendatnya vaksinasi dosis pertama karena terhentinya suplai vaksin.

“Sekarang (vaksin) habis untuk dosis pertama dan belum ada dropping lagi. Upaya kami hanya bisa menunggu karena vaksinnya langsung dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Jadi, jenis apa yang dikirim, ya itu yang kami pakai,” ujarnya.

Meski begitu, Husnul masih optimistis agar vaksinasi bisa berjalan sesuai target. Hal ini agar herd immunity di Kota Malang segera bisa terlaksana.

“Kami usahakan, mudah-mudahan tidak molor ya targetnya di akhir tahun ini. Syaratnya, ya tergantung ketersediaan vaksinnya. Mudah-mudahan Agustus ini sudah 50 persen ya. Kami lihat dropping vaksinnya dulu. Insyaa Allah sesuai target,” ujarnya.

Terakhir, Husnul mengungkapkan, Kota Malang juga kebagian jatah vaksin moderna yang diperuntukkan vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes). Dan juga vaksin sinopharm yang diperuntukkan bagi para disabilitas.

Kota Malang sendiri mengonfirmasi telah mendapat jatah kuota 11.934 untuk vaksinasi moderna dan 539 vaksin sinopharm. Tapi, jatah vaksin-vaksin tersebut juga belum didapatkan oleh Dinkes Kota Malang saat ini. Lantaran, masih menunggu dropping dari pemerintah pusat melalui Kemenkes RI.

  • Bagikan