Pemkot Malang Wacanakan Percepatan Vaksinasi Berkonsep Drive Thru - Tugujatim.id

Pemkot Malang Wacanakan Percepatan Vaksinasi Berkonsep Drive Thru

  • Bagikan
Vaksinasi tahap kedua yang diberikan kepada petugas pelayanan publik di Kota Malang. (Foto:Azmy/Tugu Jatim) pemkot malang vaksinasi drive thru
Vaksinasi tahap kedua yang diberikan kepada petugas pelayanan publik di Kota Malang. (Foto:Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Sebagai upaya percepatan proses vaksinasi di Kota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memiliki wacana untuk menghadirkan layanan vaksinasi dengan konsep drive thru, serupa di Jakarta. Hal ini diungkapkan sendiri Wali Kota Malang Sutiaji, bahwa upaya meningkatkan kekebalan kelompok dari virus ini penting untuk dipercepat.

”Agar segera menyeluruh itu butuh inovasi. Saya ingin mencontoh pelaksanaan kayak di Jakarta itu ada vaksinasi drive thru,” ungkapnya, belum lama ini.

Kata Sutiaji, jika Pemkot Malang membuka layanan vaksin drive thru ini percepatannya bisa terwujud. Saat ini, percepatan target per harinya selama ini dalam vaksinasi itu mencapai 6 sampai 8 ribu orang per hari.

”Kalau ditambah drive thru kan lebih cepat,” ujarnya.

Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan soal perpanjangan PPKM mikro di Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan soal perpanjangan PPKM mikro di Kota Malang. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Mu’arif menuturkan pihaknya terkait wacana ini juga masih dalam tahap telaah untuk teknis pelaksanaannya. Apakah bisa diterapkan untuk di Kota Malang atau tidak.

Dalam hal ini, layanan vaksin drive thru dari Pemkot Malang ini bisa diikuti masyarakat dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi. Setelah itu baru mendatangi tempat vaksinasi ysng telah ditentukan melalui 4 pos pemeriksaan.

4 pos pemeriksaan itu diantaranya pemeriksaan administrasi, kesehatan, penyuntikan vaksin bagi para pengendara dan observasi serta pemberian sertifikat.

”Jika nanti terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) mereka tinggal menyalakan klason,” imbuhnya.

Sebatas informasi, sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Malang telah menerima alokasi vaksin Sinovac sebanyak 40.600 vial vaksin untuk vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Kota Malang, akan diprioritaskan bagi petugas pelayanan publik, termasuk guru, TNI, dan Polri, Jurnalis hingga driver ojol. (azm/gg)

  • Bagikan