SURABAYA, Tugujatim.id – Menutup triwulan I/2022 bandara internasional Juanda telah melayani 2.016.286 penumpang. Selama periode Januari-Maret 2022, pergerakan penumpang menunjukkan tren positif terutama pada bulan Maret.
“Pada triwulan I ini jumlah penumpang meningkat 59,36 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 1.265.256 penumpang. Untuk pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan mencapai 15.895 pergerakan pesawat atau meningkat 10,82 persen jika dibanding tahun sebelumnya sejumlah 14.343 pergerakan pesawat,” ujar GM Bandara Juanda Sisyani Jaffar, Jumat (15/4/2022).
Lanjut Jaffar, sedangkan untuk kargo terjadi penurunan sedikit, yaitu -1,19 persen atau hanya mencapai 16.711.003 Kg yang dibandingkan periode sebelumnya sebesar 16.912.983 Kg.
“Pada Maret saja, bandara Juanda telah melayani 766.305 penumpang. Jumlah itu meningkat 43,8 persen dibanding Februari yang tercatat sebanyak 532.878 penumpang. Sedangkan untuk Januari, jumlah penumpang sebanyak 717.103 penumpang,” tambahnya.
Menurutnya, jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbangan domestik. Penerbangan internasional sudah kembali dibuka sejak awal tahun. Per Maret 2022 kemarin sudah mulai terlihat kenaikan jumlah penumpang internasional.
“Adapun jumlah penumpang domestik pada Maret mencapai 761.134 penumpang dengan 5.454 pergerakan pesawat. Dan untuk penerbangan internasional pada Maret mencapai 5.171 penumpang dengan 113 pergerakan pesawat,” jelasnya.
Untuk mengantisipasi terus naiknya jumlah penumpang tersebut, serangkaian upaya telah dilakukan, di antaranya menambah jam operasional bandara. Memasuki periode summer di akhir Maret kemarin, pihaknya juga mengubah jam operasional dari sebelumnya pukul 05.00 WIB – 20.00 WIB menjadi pukul 05.00 WIB – 22.00 WIB.
“Ini salah satu respon kami, mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan rekan-rekan maskapai dapat memanfaatkan secara maksimal operating hour yang ada serta membahas bersama upaya-upaya untuk meningkatkan jumlah penumpang dengan tetap mengedepankankan aspek keamanan, keselamatan, dan kesehatan,” ungkapnya.
Seluruh upaya selalu dilakukan secara konsisten. Oleh karenanya, pihaknya akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara dengan mengedepankan penerapan prokes di bandara.
“Tujuannya untuk tetap menjaga tingkat kepercayaan atas aspek keamanan penumpang selama berada di bandara dan kami berharap hingga akhir tahun nanti, baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat,” tutup Jaffar.
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim ,
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim