Penyelundupan 1.028 Pil Dobel L di Lapas Tuban Terbongkar, 4 Napi Ditangkap - Tugujatim.id

Penyelundupan 1.028 Pil Dobel L di Lapas Tuban Terbongkar, 4 Napi Ditangkap

  • Bagikan
Tangkapan layar CCTV saat pelaku kepergok mengambil barang yang dibungkus plastik putih dan berisi pil Dobel L. (Foto: Humas Lapas Tuban) tugu jatim
Tangkapan layar CCTV saat pelaku kepergok mengambil barang yang dibungkus plastik putih dan berisi pil Dobel L. (Foto: Humas Lapas Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tuban (Lapas Tuban) berhasil menggagalkan penyelundupan barang terlarang narkotikan jenis pil Dobel L ke dalam lapas yang dilakukan melalui pelemparan dari luar tembok, Kamis (12/08/21).

Kepala Lapas Tuban, Siswarno menjelaskan bahwa petugas portir pada pukul 04.56 WIB menangkap basah adanya barang mencurigakan yang dilempar dari luar lapas dan mendarat di area lapangan.

Petugas Lapas Tuban kemudian berinisiatif memfoto barang yang dibungkus plastik putih itu dan menunggu orang akan mengambil barang itu diambil.

“Petugas kami mengintai dari balik pintu portir untuk menunggu barang tersebut diambil pemiliknya,” jelasnya.

4 Warga Binaan Lapas Tuban Diamankan Polisi

Empat pelaku yang diduga terlibat dalam penyulundupan ribuan pil Dobel L di Lapas Tuban, hanya bisa tertunduk malu, saat akan digelandang di Polres Tuban. (Foto: Humas Lapas Tuban) tugu jatim
Empat pelaku yang diduga terlibat dalam penyulundupan ribuan pil Dobel L di Lapas Tuban, hanya bisa tertunduk malu, saat akan digelandang di Polres Tuban. (Foto: Humas Lapas Tuban)

Dia melanjutkan pada pukul 05.03 WIB ada narapidana pekerja dapur berinisial SI yang seharusnya menuju ruang dapur untuk bekerja justru mengambil barang tersebut. Siswarno menuturkan petugasnya langsung memanggil dan mengamankan tersangka SI sekaligus barang bukti.

“Kami langsung koordinasi dengan Polres Tuban untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar pria dua anak tersebut.

Siswarno menambahkan dari hasil pemeriksaan awal oleh Polres Tuban diamankan lagi 3 orang warga binaan lain berisial MM, MS, dan US untuk dimintai keterangan.

Siang harinya, ke-empatnya ( SI, MM, MS, dan US) digelandang ke Mapolres Tuban untuk dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan awal didapatkan barang terlarang yang diselundupkan dengan cara dilempar tersebut adalah 1028 butir Pil Dobel L, dan satu unit handphone.

“Selanjutnya proses kita serahkan ke Polres Tuban,” pungkasnya.

  • Bagikan