News  

Percantik Wajah Alun-Alun Tuban, Pemkab Anggarkan Rp1,9 Miliar

Alun-Alun Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Pengerjaan revitalisasi Alun-Alun Tuban yang dianggarkan pada APBD tahun 2022 senilai Rp 1,9 miliar. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Wajah Alun-Alun Tuban akan dipercantik tahun ini. Sebab, Pemkab Tuban telah menganggarkan dalam APBD 2022 untuk revitalisasi taman kebanggaan warga Bumi Wali ini.

Kepala Dinas PUPR dan PRKP Kabupaten Tuban Agung Supriyadi saat dikonfirmasi mengatakan, revitalisasi pada ruang terbuka hijau bagian sisi utara meliputi perbaikan perkerasan yang semula berupa paving menjadi granit dan penataan tamannya.

“Yang direvitalisasi adalah taman bagian utara dan sekitar area di bawah pohon beringin kiri dan kanan, Mas,” ujar Agung, sapaan akrabnya.

Sementara itu, secara teknis Kabid Tata Ruang PUPR dan PRKP sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Andy Setyawan mengatakan, bagian utara yang semula paving akan diganti granit. Kemudian toilet yang berbentuk blimbing dan siwalan serta gudang dibongkar. Jadi, pandangan ke arah Alun-Alun Tuban akan lebih luas.

Alun-Alun Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Pengumuman pengerjaan revitalisasi Alun-Alun Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

“Lelang dimenangkan CV Bhaskara Djaya dengan nilai kontrak sekitar Rp1,9 miliar,” katanya.

Andy, sapaan akrabnya, menjelaskan, nama kegiatan semula penataan bangunan dan lingkungan Alun-Alun Tuban dan Pantai Wisata Boom. Sebab, ada pergeseran dana yang semula Rp5 miliar menjadi Rp2 miliar, maka pekerjaan hanya di area alun-alun sisi utara.

“Sedangkan nama kegiatan dalam SIPD tidak bisa diubah,” terangnya.

Proyek revitalisasi ini ditargetkan rampung sampai Desember 2022. Sementara untuk saat ini, masih pemerataan tanah dan pembongkaran bangunan.