Peringatan HUT Ke-17, Komunitas TDA Gelar Pesta Wirausaha Nasional 2023 di Bandung

Pesta Wirausaha Nasional 2023.
Komunitas Tangan Di Atas menggelar Pesta Wirausaha Nasional 2023. (Foto: dok Komunitas TDA)

BANDUNG, Tugujatim.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dilakukan dengan menggelar event Pesta Wirausaha Nasional 2023 dengan mengangkat tema “Recover and Grow Together”. Acara ini akan digelar di Youth Center Sport Jabar, Arcamanik Bandung, 21-22 Januari 2023.

Pesta Wirausaha Nasional 2023 ini digelar oleh komunitas yang resmi berdiri pada 22 Januari 2006. Selama 17 tahun, TDA kini menjelma menjadi komunitas pengusaha terbesar di Indonesia. Selain itu, komunitas ini juga tersebar di 102 kabupaten/kota dan 4 negara dengan lebih dari 30 ribu anggota terdaftar.

Direktur Pesta Wirausaha TDA 7.0 Roskar mengatakan, TDA ingin menjadikan event Pesta Wirausaha Nasional 2023 ini sebagai momentum bagi pelaku usaha untuk bisa bangkit dan bertumbuh di era pasca-pandemi.

Pesta Wirausaha Nasional kali ini adalah momennya bagi para pelaku usaha, khususnya teman-teman UMKM di Bandung, untuk bisa bangkit kembali setelah dihantam badai pandemi. Karena itu, saya mengajak teman-teman TDA di seluruh daerah dan teman-teman UMKM di Bandung untuk bisa hadir di acara ini. Banyak inspirasi, motivasi, dan juga ilmu-ilmu bisnis yang disampaikan langsung oleh praktisi ahli maupun pengusaha yang sudah sukses,” kata Roskar pada Sabtu (21/01/2023).

Dia menjelaskan, anggota-anggota TDA dari segala pelosok tanah air akan datang, berkumpul, menimba ilmu, dan berjejaring. Mereka semua bersama peserta lain yang belum menjadi member TDA, siap memeriahkan dua area—Panggung Inspirasi dan Panggung Outdoor— serta 5 Kelas Teknis setiap hari. Selain itu, peserta bisa mengikuti mini workshop di kelas teknik terkait teknik-teknik digital marketing terkini dan beberapa materi bisnis lainnya.

Para narasumber di hari pertama, Panggung Inspirasi akan diisi beberapa nama besar seperti Jusuf Kalla (pengusaha dan mantan Wakil Presiden), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Yana Mulyana (Wali Kota Bandung), Armand Maulana (vokalis Band Gigi), Mohammad Feriadi (Presiden Direktur JNE), Hadi Kuncoro (Group CEO di PowerCommerce.Asia), Najib Wahab (CEO PT Dinasti Kreatif Indonesia), Fauzi Rachmanto (Business Coach), dan Ahmad Sadat (Presiden Direktur Asiavesta Strategic Investment).

Untuk hari kedua, Panggung Inspirasi akan diisi Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Budi Isman (CEO Bizniz.id), Rex Marindo (Founder Upnormal Group), Dewa Eka Prayoga (Founder Trillionaire Enterprise), Bembi Junior (Managing Director Hijra), Edwin Khadafi (Ketua KNPI Bandung), Ridwansyah Yusuf Achmad (Ketua KNPI Jabar), dan Yuswohadi (Penulis Buku dan Managing Partner Inventure).

Sedangkan kelas teknis, peserta bisa belajar mengenai: TikTok Marketing, Ekspor Impor, Cara Membuat Pola Baju, Cara Berjualan di Tokopedia, Cara Berjualan di Shopee, Strategi Marketing, Strategi Bisnis Fashion, Strategi Usaha Kuliner, dan Strategi Efisiensi Bisnis.

Menariknya, Panggung Outdoor yang akan diisi dengan beragam acara. Mulai Lomba Mewarnai, Lomba Makan Bakso Rusuk Joss, Lomba Makan Durian, dan Lomba Standup Comedy. Khusus Minggu pagi, akan ada EntrepreneuRun. Ini adalah acara puncak dari rangkaian challenge 17K yang diadakan sebelumnya, di mana nanti para peserta lomba akan berpacu menempuh jarak 5km.

Event Pesta Wirausaha Nasional ini untuk masyarakat umum karena di area outdoor akan ada expo yang disemarakkan 80 booth, baik kuliner maupun non-kuliner, termasuk juga booth dari pihak-pihak yang sudah membantu terselenggaranya event ini. Ada Rumah Zakat, Bank Syariah Indonesia (BSI), JNE, Padi UMKM, Wardah, Fintra (FIF Grup), dan juga Arqam by Alami. Selain itu, event ini juga didukung Dispora Jabar, KNPI Bandung, KNPI Jabar, dan juga Prisma.

Untuk diketahui, acara Pesta Wirausaha Nasional selama dua hari ini dipandu beberapa MC nasional, yaitu: duo Deden Delicious & Wildan Halwa, Yusuf Erlangga, dan Mira Sahid. (adv)