Peringati HSN 2021, Ponpes Raudlatul Ulum 2 Malang Tampilkan 6 Tarian Kebhinekaan - Tugujatim.id

Peringati HSN 2021, Ponpes Raudlatul Ulum 2 Malang Tampilkan 6 Tarian Kebhinekaan

  • Bagikan
Peringatan HSN 2021 di Ponpes Raudlatul Ulum 2, Kabupaten Malang. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2/Tugu Jatim)
Peringatan HSN 2021 di Ponpes Raudlatul Ulum 2, Kabupaten Malang. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2)

MALANG, Tugujatim.id – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Ponpes Raudlatul Ulum 2, Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jatim, kali ini menjadi momen istimewa. Sebab, ponpes di bawah asuhan KH Yuzqi Qozim itu membawa misi pelestarian tradisi dan budaya nusantara yang berbeda dari acara-acara tahun sebelumnya.

Misi itu sukses disampaikan dalam gelaran Pentas Seni dan Budaya dalam peringatan HSN 2021 dan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (23/10/2021). Perayaan itu digelar di halaman Ponpes Raudlatul Ulum 2.

Para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2, Kabupaten Malang, tampak menarikan tarian tradisional saat peringatan HSN 2021. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2/Tugu Jatim)
Para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2, Kabupaten Malang, tampak menarikan tarian tradisional saat peringatan HSN 2021. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2)

Gelaran itu menjadi bukti bahwa kalangan pesantren juga menjadi tonggak utama keutuhan Indonesia, bahkan sedari bangsa ini lahir.

”Sejarah persatuan itulah yang ingin kami kenalkan kepada para santri generasi baru agar juga mengenal keberagaman tradisi dan budaya Indonesia,” terang panitia Pentas Seni Budaya PPUR 2 Kholilurrohman.

Para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 tampak memakai baju adat kreasi mereka. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2/Tugu Jatim)
Para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 tampak memakai baju adat kreasi mereka. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2)

Selain diisi dengan ceramah agama dan berdoa bersama, kegiatan ini juga menampilkan tari tradisional yang melibatkan puluhan santri putra di sana. Tema yang sama juga digelar di Ponpes Raudlatul Ulum Putri.

Total ada 6 tarian tradisional yang ditampilkan, mulai dari Tari Cublek-Cublek Suweng (Jawa Tengah), Tari Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Tarian Rasa Sayange (Maluku), Tari Saman (Aceh), Tari Sik Sik Sibatumanikam (Batak), hingga Tari Tradisional dari Papua.

Selain menampilkan tarian, para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 juga melakukan doa bersama. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2/Tugu Jatim)
Selain menampilkan tarian, para santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 juga melakukan doa bersama. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2)

Dari pengenalan budaya tersebut diharapkan santri juga ikut menumbuhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, tapi tetap berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan.

”Saya yakin ada santri generasi milenial yang hanya mengenal lagu-lagu di TikTok, tapi tidak kenal dengan berbagai ragam suku, tradisi, dan budaya di negara dia sendiri,” terangnya.

Santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 juga menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2/Tugu Jatim)
Santri Ponpes Raudlatul Ulum 2 juga menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika. (Foto: Dok PP Raudlatul Ulum 2)

Dari gelaran ini, Lilur melanjutkan, diharapkan semangat Bhinneka Tunggal Ika terus tertanam di jiwa para santri. Sampai kapan pun, santri juga punya peranan penting dalam pelestarian tradisi seni dan budaya Indonesia yang kini mulai luntur,” ujar dia.

 

 

 

  • Bagikan