Pertama Setelah WSBK, Mario Libas 17 Tikungan Sirkuit Mandalika

Pertama Setelah WSBK, Mario Surya Aji Libas 17 Tikungan Sirkuit Mandalika

  • Bagikan
Mario saat menjajal sirkuit Mandalika.
Mario Surya Aji, pembalap Indonesia di kelas Moto3, saat menjajal sirkuit Mandalika. (Foto: Dokumen)

MANDALIKA, Tugujatim.id – Sebelum keberangkatannya ke Spanyol pekan depan, pembalap Mario Surya Aji menyempatkan test Sirkuit Internasional Mandalika. Mario, sapaan akrabnya, merasa lintasan sirkuit yang tahun ini untuk seri MotoGP itu memiliki karakter tikungan yang unik. Hampir semua tikungan bisa dilahap dengan kecepatan maksimal atau tipe corner speed.

“Itu yang membedakan dengan sirkuit di luar negeri. Jadi semua pembalap akan bisa memaksimalkan kecepatan,” terang Mario disela-sela uji coba lintasan Sirkuit Mandalika.

Dia mencontohkan tikungan ke-4 memiliki sudut yang longgar. Di situ bisa digunakan untuk take over lawan. Didukung dengan permukaan aspal yang cukup mumpuni untuk akselerasi pembalap saat menikung.

“Tinggal teknik dan skill pembalap yang nanti menentukan. Saya yakin tipikal sirkuit ini disukai banyak pembalap,” jelas pembalap yang akan terjun di Kejuaraan Dunia Balap Moto GP kelas Moto3 tersebut.

Menjajal lintasan sirkuit sangat penting bagi Mario. Maret mendatang, pembalap kelahiran Magetan itu merupakan satu-satunya wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Balap Motor Moto GP kelas Moto3. Dia akan membela Honda Team Asia bersama pembalap Jepang Taiyo Furusato.

“Harus mengetahui karakter sirkuit sesungguhnya sebelum kejuaraan. Jadi saya bisa mempelajarinya,” tutur pembalap asli Magetan itu.

Rencananya Mario berada di Mandalika selama 3 hari 17 sampai 19 Januari 2022. Motor yang digunakan latihan merupakan Honda CBR disediakan oleh MGPA. Selama di Mandalika, dia didampingi tim mekanik yang dipimpin langsung legenda pembalap nasional Hendriansyah dan manajer Kiagus Firdaus.

“Sesi latihan Mario di Mandalika ini tidak lepas dari support langsung Polda Metro Jaya. Pak Fadil (Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Red) ikut memantau kesiapan Mario di Moto3,” urainya.

Sebelumnya, Mario bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran sekaligus bapak asuhnya meresmikan gelaran balapan jalanan (street race) di kawasan Impian Jaya Ancol. Street race sebagai wadah pembalap liar yang selama ini cukup mengganggu ketertiban lalu lintas. Mario juga mendapatkan hadiah motor balap Honda NSF 250 dari bapak asuhnya.(*)

  • Bagikan