Pesan Dr Aqua Dwipayana saat Isi Sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di Witel Bogor - Tugujatim.id

Pesan Dr Aqua Dwipayana saat Isi Sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di Witel Bogor

  • Bagikan
Puncak Festival Kemerdekaan HUT RI ke-76 Witel Bogor bertajuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang digelar secara virtual, Jumat (20/8/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI Witel Bogor bertajuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang digelar secara virtual, Jumat (20/8/2021). (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – “Bersyukur” menjadi satu pesan pembuka yang ditekankan oleh Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Puncak Festival Kemerdekaan HUT ke-76 RI Witel Bogor bertajuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh secara daring, pada Jumat (20/8/2021).

“Dalam pandemi ini alhamdulillah perusahaan tempat anda bekerja tidak berpengaruh negatif tapi positif,” ujar Dr Aqua mengawali sesi sharing.

Pengaruh negatif yang dimaksud antara lain, pemotongan gaji hingga pengurangan karyawan atau PHK. Kemudian juga menurunnya trend positif Covid-19 hingga dapat berkarier di perusahaan yang bonafide dan diperhitungkan.

“Berkaitan dengan rasa syukur ini perlu dengan mengoptimalkan kinerjanya. Jadi sangat ketarlaluan seandainya Allah melalui manajemen sudah memberikan banyak hal pada kita tapi kita tidak membalasnya dengan kinerja yang baik. Sebenarnya tidak ada alasan untuk teman-teman tidak memberikan yang terbaik,” paparnya

Sebelumnya, Aqua bercerita mendapat telepon dari General Manager (GM)  Telkom Bogor Muskab Muzzakar untuk menjadi pemateri sekaligus memberikan motivasi kepada lebih dari 100 karyawan yang hadir.

“Tadi malam saya ditelepon dan alhamdulillah kebaikan dari pak Muskab saya diakseskan dengan Pak General Manager Telkom Malang Sonny terima kasih, sekarang ini saya ada di ruangan beliau, maka saya ucapkan terima kasih,” imbuh dia.

Dr Aqua Dwipayana Tekankan Komunikasi yang Bagus

Dr Aqua Dwipayana saat mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi bersama Telkom Witel Bogor secara virtual dari Kota Malang, Jumat (20/8/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Dr Aqua Dwipayana saat mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi bersama Telkom Witel Bogor secara virtual dari Kota Malang, Jumat (20/8/2021). (Foto: Dokumen)

Menurut Aqua, kunci efektif dalam membangun suasana kerja di perusahaan hingga mencapai berbagai prestasi adalah komunikasi. Jika komunikasi internal bagus maka komunikasi eksternal juga akan bagus.

“Berbagai persoalan yang terjadi di perusahaan, salah satunya didominasi karena komunikasi. Komunikasi adalah kunci kalau tidak hati-hati maka dampaknya fatal,” tegasnya.

Untuk itu, upaya yang terus digaungkan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan rumus REACH plus AC. Yakni singkatan dari Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble, Action dan Consistency.

Respect berarti menghormati orang lain setiap berkomunikasi. Empathy yakni dengan selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Audible, komunikasi yang dapat didengar atau dipahami dengan baik. Clarity, komunikasi dengan menggunakan kalimat sederhana secara terbuka .

Sedangkan Humble, komunikasi dengan rendah hati dan tidak sombong. Serta Action dan Consistency dengan maksimalkan aksi nyata dan komitmen.

Di sisi lain, contoh konkret komunikasi yang efektif dalam sebuah tim, masih kata Dr Aqua, adalah kemampuan leadership. Bagaimana seorang leader berhasil menggerakkan timnya menjadi yang terbaik.

“Kedua, bagaimana anggota tim didorong untuk melakukan 3K (Kredibilitas, Komitmen, dan Konsistensi). Upaya agar mereka (karyawan) menjadi individu yang kredibel atau dipercaya, komitmen yang menjadi tanggung jawab dan harus dilaksanakan. Supaya kredibel melaksanakan komitmen jangan banyak alasan harus konsisten,” pesannya

Sementara itu, General Manager Telkom Bogor Muskab Muzzakar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada penulis buku trilogi” The Power of Silaturahim” tersebut. “Satu kata, terimakasih pada Dr Aqua Dwipayana, semoga apa yang disampaikan beliau bisa kita implementasikan secara konsisten,” sambungnya

Diketahui, kegiatan ini juga disemarakkan dengan berbagai konten kegiatan, dua perlombaan pre-event, tiga perlombaan event puncak seperti lomba makan krupuk online, foto instagram, dan lomba berpacu dalam lagu. Hingga launching Ruang Podcast.

Kepada semua pemenang lomba, Muskab akan memberikan satu dari tiga buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim. Buku tersebut berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

  • Bagikan