Pesan Kopi Bayar dengan Buku, Kafe Bohemian Kota Malang Sajikan Nuansa Literasi bagi Pengunjung

Kafe Bohemian. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)
Gita Adi Tamtama, owner Kafe Bohemian Kota Malang. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Dunia literasi saat ini memang tidak hanya hadir di perpustakaan saja ya, guys. Ketika kamu ingin menikmati suasana cozy dengan membaca buku sambil ngopi santuy pun bisa dilakukan di salah satu kafe di Kota Malang ini. Namanya Kafe Bohemian. Kafe yang terletak di Jl Manggis No 2 Bareng, Kecamatan Klojen, ini ternyata peduli literasi dengan menyediakan banyak buku untuk dibaca para pengunjung setianya. Seperti apa sih suasana kafe literasi ini?

Gita Adi Tamtama, owner Kafe Bohemian, mengungkapkan, awal berdirinya kafe ini pada April 2016 silam atau sekitar 6 tahun yang lalu. Atam, sapaan akrabnya, melanjutkan, konsep kafe ini dari awal memang memilih nama Kafe Bohemian. Artinya, tempat pelariannya orang dari keramaian karena di sini itu tenang dan suasananya sepi.

“Emang sengaja nyari nama kafenya biar nyambung sama suasananya yang tenang dan sepi, makanya saya memilih konsep itu,” ujarnya pada Jumat (11/03/2022).

Kafe Bohemian. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)
Suasana Kafe Bohemian Kota Malang yang dihiasi dengan berbagai tanaman. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)

Menurut dia, nama Bohemian itu salah satu pergerakan atau suku yang ada di daerah Eropa Timur. Sedangkan filosofi Bohemian ini adalah pergerakan masyarakat yang mereka itu ingin keluar dari hingar-bingar perkotaan dari tahun generasi bunga. Saat itu maraknya gerakan-gerakan yang tidak setuju dengan kapitalisme dan menghindar dari kegiatan-kegiatan politik. Mereka pun memilih untuk pindah ke desa, ke tempat yang lebih terpencil di pinggiran-pinggiran kota.

Dia melanjutkan, lalu mereka bercocok tanam hingga berternak jadi merasa bebas. Filosofi itu yang diambil dari nama Bohemian bahwa konsepnya ingin menampung orang-orang yang sumpek. Selain itu, menampung mereka yang mencari ketenangan dan dihadirkan buku juga sebagai salah satu pelarian yang positif daripada pelarian ke yang lain.

“Lebih baik membaca buku saja karena sumber ilmu atau jendela ilmu ya dari buku,” ungkapnya.

Atam mengatakan, jadi memang kalau misalnya ada orang yang datang ke sini bisa juga pesan kopi bayar dengan buku. Dia mengatakan, Kafe Bohemian tidak hanya menyediakan buku, tapi juga menerima buku. Syaratnya, bukunya harus yang diminati pembaca.

Kafe Bohemian. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)
Buku-buku tampak tertata rapi di rak Kafe Bohemian Kota Malang. (Foto: Darfin Mais/Tugu Jatim)

“Ya kami menerima buku entah itu novel, ilmu pengetahuan umum, buku mengenai bisnis, dan lain-lainnya. Intinya, isi buku bermanfaat bagi para pembaca,” katanya.

Atam pun menjelaskan bahwa dari awal dia memiliki konsep punya buku dan tanaman karena di sini lebih teduh, tidak berisik, hingga tidak ada yang mengganggu oleh bunyi apa pun ketika membaca.

Sementara itu, Bela selaku General Admin Kafe Bohemian menyampaikan, kafe ini tidak hanya menawarkan pengalaman ngopi saja, tapi di sini pengunjung bisa menikmati menu sambil membaca buku. Jadi, di kafe ini menyediakan buku untuk dibaca para pengunjung sambil menikmati sajian yang dipesan.

Pengalaman Ngopi yang Beda dari Kafe Lainnya

Kafe Bohemian memang tampak didominasi dengan warna hijau dari tanaman di bagian luarnya. Hal ini membuat pengunjung merasakan sensasi suasana asri. Sedangkan bagian dalam kafe ini ada cukup banyak buku yang ditata dengan rapi.

Untuk harga menu yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Anda cukup merogoh kocek Rp20.000-Rp30.000. Dengan harga itu, pengunjung sudah dapat merasakan pengalaman ngopi yang produktif di kafe ini. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari makanan hingga minuman. Tentu semuanya sangat recommended.

Sementara itu, untuk jam operasional kafe ini mulai buka pukul 08.00-23.00. Tentunya, pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. So? Siap merasakan sensasi ngopi yang cozy sambil menambah ilmu literasi Anda?

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim