Pesan Wakil Rektor Unipma di Tugu Media X Paragon Goes to Campus: Ini Tuntunan, Bukan Sekadar Tontonan - Tugujatim.id

Pesan Wakil Rektor Unipma di Tugu Media X Paragon Goes to Campus: Ini Tuntunan, Bukan Sekadar Tontonan

  • Bagikan
Wakil Rektor 3 Unipma, Drs R Bekti Kiswardianta MPd saat membuka webinar Tugu Media Group x Paragon Goes To Campus di Universitas PGRI Madiun secara daring, Kamis (21/10/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim tugu media
Wakil Rektor 3 Unipma, Drs R Bekti Kiswardianta MPd saat membuka webinar Tugu Media Group x Paragon Goes To Campus di Universitas PGRI Madiun secara daring, Kamis (21/10/2021). (Foto: Dokumen)

MADIUN, Tugujatim.id – Pelatihan jurnalistik dan fotografi bertajuk Tugu Media Group X Paragon Goes to Campus kembali digelar di Universitas PGRI Madiun (Unipma) secara virtual melalui Zoom Meeting, Kamis (21/10/2021). Kali ini, setidaknya terdapat kurang lebih 180 peserta mengikuti webinar tersebut dengan antusias.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor 3 Unipma, Drs R Bekti Kiswardianta MPd dan CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq juga turut hadir memberikan sambutan dan wejangan-wejangan yang menginspirasi.

Sementara itu, untuk narasumber di acara Tugu Media Group X Paragon Goes to Campus Universitas PGRI Madiun ini mendatangakan perwakilan tim Corporate Communication Paragon, Amalia Azhari Jannah; Koordinator Liputan Tugujatim.id, Gigih Mazda; serta perwakilan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang yang juga fotografer majalah Tempo, Aris Novia Hidayat.

Perwakilan tim Corporate Communication Paragon, Amalia Azhari Jannah saat menyampaikan materi terkait corporate culture. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Perwakilan tim Corporate Communication Paragon, Amalia Azhari Jannah saat menyampaikan materi terkait corporate culture. (Foto: Dokumen)

“Kampus Universitas PGRI Madiun ini merupakan tuan rumah yang kesekian kalinya dari rangkaian gelaran Goes to Campus 2021 setelah sebelumnya juga kita gelar di banyak daerah Jawa Timur,” ujar CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq mengawali sambutannya.

Pelatihan yang mengajarkan jurnalisme ini diharapkan dapat mendorong peserta khususnya mahasiswa Unipma agar lebih produktif di era digital sebagai eranya berkreasi tanpa keterbatasan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unipma, Drs R Bekti Kiswardianta menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas terlaksana kerja sama ini. Mengingat, seiring perkembang media maka diperlukan adanya proses adaptasi bagi mahasiswa untuk bisa berkembang.

“Perlu kami sampaikan bahwa kuliah tidak hanya untuk mendapatkan IPK tinggi dan bagus. Tapi di Unipma ini kita berikan pembekalan melalui sejumlah UKM sebagai tempat mahasiswa mengembangkan soft skill maupun minat bakat mereka yang nantinya bisa menjadi bekal para mahasiswa ketika sudah memasuki dunia kerja,” terang dia.

Apalagi, Unipa juga memiliki program dan UKM yang tekait dengan jurnalistik. Maka, ia berharap agar kegiatan ini sapat menjadi bagian dari pengembangan kemampuan berinteraksi, berkolaborasi, mengembangkan diri, maupun menambah wawasan.

Pelatihan penulisan jurnalistik dari Korlip Tugujatim.id, Gigih Mazda. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Pelatihan penulisan jurnalistik dari Korlip Tugujatim.id, Gigih Mazda. (Foto: Dokumen)
Pelatihan teknik fotografi dari perwakilan PFI Malang yang juga fotografer Tempo, Aris Novia Hidayat. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Pelatihan teknik fotografi dari perwakilan PFI Malang yang juga fotografer Tempo, Aris Novia Hidayat. (Foto: Dokumen)

“Kita mengikuti kegiatan ini bukan sekadar tontonan tapi juga tuntunan Jadi bagaimana suatu aktivitas kegiatan itu menjadi bagian dari kita untuk selalu bisa berinteraksi berkolaborasi dan menambah wawasan. Jadi outputnya mahasiswa juga harus bisa membuat tulisan ataupun fotografi dan sebagainya untuk dimuat atau dilombakan,” imbuh dia.

Sementara itu, perwakilan tim Corporate Communication PT Paragon Technology and Innovation, Amalia Azhari mengajak seluruh peserta untuk terus mengembangkan ekosistem inovasi. Sebab, melalui hal kecil pasti bisa memberikan dampak dan kebermanfaatan kepada banyak orang. Hal itu tentunya sejalan dengan visi misi Paragon sebagai perusahaan yang mengedepankan inovasi tersebut.

“Jadi kalau temen-temen punya passion, misalkan bisa menulis dan ditulisan itu bisa jadi artikel yang dibaca semua orang dan punya manfaat itu sama halnya sudah melakukan inovasi. Jadi inovasi itu sendiri bagaimana kita menghasilkan sesuatu yang bisa memberikan banyak manfaat untuk semua orang,” tandasnya.

Setelah itu, gelaran acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi jurnalistik meliputi penulisan berita hingga teknik wawancara. Selain itu, para peserta juga mendapatkan penjelasan mengenai dasar-dasar fotografi jurnalistik yang tak hanya menjunjung seni, melainkan juga nilai berita.

  • Bagikan