Pohon Beringin Setinggi 15 Meter di Kota Batu Patah, Timpa Warung Kopi - Tugujatim.id

Pohon Beringin Setinggi 15 Meter di Kota Batu Patah, Timpa Warung Kopi

  • Bagikan
Petugas BPBD Kota Batu mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa sebuah warung kopi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Selasa (24/8/2021). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu) tugu jatim
Petugas BPBD Kota Batu mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa sebuah warung kopi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Selasa (24/8/2021). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

BATU, Tugujatim.id – Pohon jenis beringin setinggi sekitar 15 meter patah dan tumbang di Jalan Raya Oro-Oro Ombo (Curah Krikil), persisnya di Barat Jatim Park 2, RT 02 RW 07 Kecamatan Batu, Kota Batu, Selasa (24/8/2021).

Peristiwa ini membuat sebuah warung kopi milik Murti, tepat di bawahnya rusak dan berantakan ditimpa pohon berdiameter 2 meter ini. Tak hanya itu, pohon juga menimpa kabel milik PLN hingga menutup separuh jalan.

Pemilik warung, Murti menuturkan tumbangnya pohon ini terjadi sekira pukul 08.30 WIB. Mulanya, Murti dan juga beberapa pembeli yang sedang nongkrong mengetahui ada truk jenis Fuso yang lewat.

Kondisi warung kopi yang ringsek tertimpa patahan pohon beringin yang diduga telah lapuk dan keropos. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu) tugu jatim
Kondisi warung kopi yang ringsek tertimpa patahan pohon beringin yang diduga telah lapuk dan keropos. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

Namun entah, kata Murti, diduga bagian atap truk menyangkut ranting pohon hingga menimbulkan bunyi patahan keras.

”Saya kira ada mobil tabrakan. Tadi saya langsung ditarik keluar sama orang banyak, tadi juga ada orang kena kakinya di dalam,” jelas dia pada awak media.

Sementara, Staf Pusdalops BPBD Kota Batu, Maulana Purba mengatakan, rak lama usai kejadian, petugas datang melakukan evakuasi. Akibatnya, lalu lintas sempat terganggu akibat proses evakuasi ini.

”Akibat dari kejadian ini, warung ibu Murti rusak. Lalu kabel PLN terputus. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini,” ungkapnya.

Dari hasil assesment sementara, kondisi batang pohon yang diperkirakan sudah berusia tua ini memang sudah keropos.

Lebih lanjut, mengingat cuaca ekstrem angin kencang, dia mengimbau masyarakat lebih berhati-hati jika melewati kawasan pohon rindang, terlebih saat angin kencang,” imbaunya.

  • Bagikan