Kuota 501 Kursi, Polinema Resmi Buka Jalur Mandiri Gelombang II

  • Bagikan
Pembantu Direktur 1 Polinema, Supriatna Adhi suwignjo. (Foto: Rezza Do'a)

MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) resmi membuka jalur mandiri gelombang II yang dibuka mulai hari ini (16/8/2020). Jalur mandiri yang rencananya dibuka hingga 31 Agustus 2020 mendatang  itu bakal menyediakan 501 kursi.

Pembantu Direktur 1 Polinema, Supriatna Adhi suwignjo, mengatakan pembukaan gelombang II jalur mandiri dilakukan guna memfasilitasi calon mahasiswa baru dengan melihat jumlah peminat.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Kami membuka kembali jalur mandiri gelombang II, karena banyak peminat yang ingin mengikuti test ujian masuk ke Polinema,” terangnya.

Kuota untuk ujian mandiri gelombang II berjumlah 501 kursi. Sebelumnya pada ujian mandiri tahap I jumlah kuota yang diterima 682 dari jumlah pendaftar kurang lebih 2.800 orang.

Polinema akan menyiapkan perangkat computer yang digunakan ujian offline sebanyak 507 buah.

Pelaksanaan ujian mandiri gelombang II tetap melaksanakan protokol kesehatan. Nantinya, pelaksanaan ujian tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi di tengah pandemi COVID-19.

Sistem seleksi yang digunakan pada gelombang II ini merupakan ujian tulis berbasis komputer. Yang mana terbagi menjadi 2 model, yakni Internet Based Test (IBT) dan Computer Based Test (CBT). Pelaksanaan ujian dengan model IBT dilaksanakan di tempat tinggal pendaftar. Sedangkan model CBT ujian dilaksanakan di kampus Polinema dengan ketentuan yang ada.

“Jadi, bagi pendaftar yang mengikuti ujian model IBT, maka ujian dilaksanakan secara online di rumah pendaftar. Model tes ini diperuntukkan bagi pendaftar peserta test pada umumnya bagi peserta test yang tidak ada kendala PC, Laptop dan HP, Tidak memiliki KIP-K atau SKTM,” terangnya.

“Dan untuk tes dengan model CBT ujian dilaksanakan secara offline berbasis komputer di Kampus Polinema. Namun model tes ini hanya diperuntukkan bagi pendaftar atau peserta test yang memiliki kartu KIP-K, SKTM dan ber KTP atau berdomisili di Malang Raya dan tidak punya hp, laptop dan PC,” beber Pudir I Polinema.

Pelaksanaan tes IBT dan CBT akan dimulai tanggal 1 September – 2 September 2020. Sedangkan pengumuman jalur mandiri gelombang II pada tanggal 3 September 2020, yang dilanjutkan dengan daftar ulang pada tanggal 3 September-4 September 2020.

Dengan adanya ujian mandiri gelombang II maka,  awal perkuliahan Mahasiswa Baru 2020 diundur menjadi 7 September 2020. Sedangkan untuk mahasiswa lama, perkuliahan di mulai tetap tanggal 31 Agustus 2020 dan akhir perkuliahan tetep pada tanggal 24 Desember 2020. (ads)

 

Penulis: Rezza Do’a
Editor: Gigih Mazda

  • Bagikan