Polresta Malang Kota Didapuk Jadi Polres dengan Pelayanan Terbaik Se-Indonesia

  • Bagikan
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menerima penghargaan dari Kemen PAN-RB pada Selasa (16/02/2021). (Foto: Humas Polresta/Tugu Jatim)
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menerima penghargaan dari Kemen PAN-RB pada Selasa (16/02/2021). (Foto: Humas Polresta/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Polresta Malang Kota dinobatkan meraih predikat sebagai Polres dengan pelayanan publik paling prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Penghargaan dengan predikat “A” itu diberikan kepada 12 jajaran polres terbaik se-Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri PAN-RB Deputi Pelayanan Publik dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Selasa (16/02/2021). Dalam acara penghargaan itu juga dihadiri dari petinggi KPK, BNN, BNPT, kapolda, serta kapolres seluruh Indonesia.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kepada jajaran Polri yang menciptakan pelayanan publik yang baik dan inovatif. Hasil itu pun berdasar hasil evaluasi Kemen PAN-RB setiap tahun sesuai visi-misi presiden soal reformasi birokrasi.

“Yang diinginkan Pak Presiden adalah kecepatan aparatur pemerintah melayani masyarakat, mulai dari presiden, kepala desa, lurah, kapolri sampai kapolsek, bhabinkamtibmas, panglima TNI dengan tiga matra sampai koramil, dan babinsa,” kata Men PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam acara penghargaan yang digelar secara virtual itu.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata foto bersama setelah menerima penghargaan. (Foto: Humas Polresta/Tugu Jatim)
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata foto bersama setelah menerima penghargaan. (Foto: Humas Polresta/Tugu Jatim)

Adapun aspek yang jadi penilaian adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, dan inovasi pelayanan publik.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan, langkah Kemen PAN-RB juga selaras dengan langkah Polri yang telah menyusun road map terkait implementasi reformasi birokrasi dalam rentang waktu 2020-2024.

“Kami berusaha terus meningkatkan pelayanan publik prima dengan memanfaatkan teknologi informasi dan kemajuan digital, sesuai harapan masyarakat untuk memangkas birokrasi. Seperti Samsat online, SIM online, SKCK online,” ujar Sigit.

Dia pun berharap dengan diberikannya predikat pelayanan prima ini ke-12 Polres, Polresta, dan Polrestabes, mampu menciptakan iklim persaingan sehat di internal untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi yang jauh lebih baik lagi ke depannya.

“Saya ucapkan terima kasih ke-12 polres yang mengupayakan inovasi dan mendapatkan predikat prima. Semoga jadi pemicu rekan lainnya untuk melakukan hal yang sama,” harapnya.

Virtual Class Tugu Malang x Paragon, Tugu Jatim, Tugu Media Group
Ads.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menjadi satu-satunya Kapolresta yang memberikan knowledge sharing pada hadirin perihal pelayanan publik yang prima serta inovasi yang ada.

“Ke depan Polresta Malang Kota akan tetap meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, akan terus up-to-date sehingga masyarakat nyaman dan aman dengan pelayanan yang anggota Polresta Malang Kota berikan,” tegasnya.

Sebatas informasi, adapun 12 Polres, Polresta, dan Polrestabes yang meraih predikat pelayanan prima di antaranya, Polresta Pekanbaru, Polrestabes Palembang, Polrestabes Bandung, Polresta Cirebon, Polres Malang, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota, Polres Banyuwangi, Polres Kulonprogo, serta Polres Sleman.

Selain itu, ada pula 40 Polres, Polresta, dan Polrestabes yang mendapat kategori sangat baik dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. (azm/ln)

 

  • Bagikan