Pondasi Bekali Pemuda Hadapi Dunia Kerja di Masa Depan

Pondasi Bekali Pemuda Hadapi Dunia Kerja di Masa Depan

  • Bagikan
Soni Hidajat, general manajer manufaktur PT Paragon Technology and Innovation hadir sebagai pemateri dalam webinar kerja series ke-2 oleh Pondok Inspirasi/tugu jatim
Soni Hidajat, general manajer manufaktur PT Paragon Technology and Innovation hadir sebagai pemateri dalam webinar kerja series ke-2 oleh Pondok Inspirasi. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi (Pondasi), Yayasan pengembangan pemuda nasional kembali gelar webinar kerja series ke-2 Acara yang diselenggarakan pada Minggu (22/8/2021) tersebut mengambi tema “Building the Skills to Shape Your Future“.

Hadir sebagai pemateri Soni Hidajat, general manajer manufaktur PT. Paragon Technology and Innovation. Dalam kesempatan tersebut, Soni, panggilan akrabnya, membagikan inspirasi  dalam mempersiapkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depan. Ada beberapa poin yang dia samapaikan, di antaranya manajemen diri dan organisasi dan tipologi keterampilan.

Terkait manajemen diri dan organisasi, Soni menjelaskan bahwa setiap orang memiliki potensi yang bebeda untuk dikembangkan. Manajemen diri penting dilakukan untuk bisa menggali potensi. Terdapat tiga komponen manajemen diri yang harus dimiliki para pemuda, yaitu selalu memiliki keinginan untuk belajar, totalitas berkarya, dan rasa percaya diri.

Adapun manajemen organisasi, dia menjelaskan hubungannya dengan leadership, yaitu seni supervisi yang bisa diterapkan dari gaya kepemimpinan. Setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, ada yang otoriter, demokratis, permisif, maupun situasional. Manakah yang paling baik? bukan tentang yang tebaik, tapi semua gaya kepemimpinan jika diterapkan sesuai situasi akan menjadi efektif.

Pada pon kedua tentang tipologi keterampilan Soni memaparkan dua hal yaitu generalis dan spesialis. Kedua peran ini saling melengkapi dalam praktiknya. Bagaimana cara mengetahui seseorang itu generalis atau spesialis? hal ini ditunjukkan dari cara bicara dan aktivitas-aktivitas yang dipilih.

“Seorang generalis yang memperdalam kompetensi dirinya, akan memiliki kompetensi khusus atau spesialis,” ujar Soni.

Pada saat sesi tanya jawab salah satu peserta, Okta Nasria Putri bertanya bagaimana cara menekuni suatu bidang untuk mempersiapkan masa depan?

“Mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang, dan mulai dari langkah sekecil apapun. Setiap bidang memiliki potensi untuk sukses,” jawab Soni Hidajat.

Never give up, kita tidak pernah lepas dari kesalahan dan kegagalan, kita harus cepat belajar, cepat perbaiki,” pesan Soni kepada para peserta.

Selain Soni, turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Tanti Mantily Dewi, Talent Acquisition Psikolog dan corporate coach PT Paragon Technology and Innovation, dan Dania Asri Dewi, Head of Paragon Profiling Center.

Pondok Inspirasi menjadi wadah belajar keterampilan menulis ilmiah dan kepemimpinan untuk pemuda. Berdiri sejak 2013, yayasan ini telah meluluskan member yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa membernya penah meraih medali di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Serta terpilih sebagai komunitas yang mendapat dukungan coaching inovasi dari PT Paragon Technology and Innovation.

*Penulis adalah mahasiswa dan manajemen Pondok Inspirasi

  • Bagikan