Pondok Inspirasi Bersama Paragon Siapkan Mahasiswa Masuk Dunia Kerja sejak Dini - Tugujatim.id

Pondok Inspirasi Bersama Paragon Siapkan Mahasiswa Masuk Dunia Kerja sejak Dini

  • Bagikan
Dania Asri Dewi, Head of Paragon Profiling Center PT Paragon Technology and Innovation, saat memberikan materi di webinar Pendidikan dan Dunia Kerja, Minggu (22/08/2021). (Foto: Arlan Nugraha/Tugu Jatim)
Dania Asri Dewi, Head of Paragon Profiling Center PT Paragon Technology and Innovation, saat memberikan materi di webinar Pendidikan dan Dunia Kerja, Minggu (22/08/2021). (Foto: Arlan Nugraha)

BOGOR, Tugujatim.id – Apa sih tantangan mahasiswa setelah lulus kuliah? Pastinya mereka ingin masuk ke dunia kerja kan? Nah, untuk mempersiapkan masuk ke dunia kerja, para mahasiswa harus melakukan persiapan sejak masih di bangku kuliah. Karena itu, Pondok Inspirasi menginisiasi Webinar Pendidikan dan Dunia Kerja bertema “Building The Skills to Shape Your Future” pada Minggu (22/08/2021).

Webinar ini digelar untuk menjawab tantangan zaman sekarang untuk masuk dunia kerja yang semakin berat dan penuh ketidakpastian. Untuk itu, Pondok Inspirasi langsung mendatangkan narasumber ahli di bidangnya, yaitu Dania Asri Dewi selaku Head of Paragon Profiling Center PT Paragon Technology and Innovation.

Pada sesi awal, Dania memberikan materi bagaimana cara merencanakan karir, yaitu dengan mempersiapkan kapasitas diri sedini dan sebaik mungkin.

“Terpenting dalam mempersiapkan karir, kita tuh harus kenal dulu diri sendiri,” tutur Dania.

Dia juga menjelaskan mengenai Building Blocks of Self, yaitu untuk mengetahui hal apa yang kita miliki di dalam diri sendiri. Mulai dari value, temperament, interest, around the clock, strength and skill character, dan lifes mission and goals. Sementara dari semua unsur itu, building block of self  yang bisa membantu para mahasiswa untuk mengenali dan mempersiapkan diri sendiri memasuki dunia kerja.

Selain memberikan materi, Dania juga memberikan wawasan baru kepada peserta webinar tentang bagaimana proses seleksi pekerjaan yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan. Di antaranya, tahap administrasi, psikotes, diskusi grup, wawancara, medical check up, dan lain-lainnya.

“Apa sih yang dilihat perusahaan dari para kandidat pekerjanya. Nah, biasanya dilihat dari administrasi, culture fit, dan personality profile terkait posisi-posisi tertentu yang memerlukan ketentuan spesifik,” jelas Dania.

Dia membeberkan secara detail gambaran apa yang dilakukan mahasiswa ketika masuk dunia kerja. Mulai dari tahap seleksi, lalu ada tahap yang disebut onboarding yaitu saat pengenalan dan penyesuaian pekerja. Tahapan selanjutnya yaitu probation, yang mana di masa ini akan diberikan training, mentor, serta evaluasi.

Nah, setelah masa training selesai, nanti para pelamar akan mulai bekerja dan dinilai soal hard skill serta soft skill-nya, selanjutnya ada promotion. Dalam tahapan ini, akan ada promosi jabatan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

Dalam webinar ini, Dania juga memberikan practice bagi para peserta dalam membagi soft skill yang menjadi prioritas yang ingin dikembangkan oleh masing-masing peserta. Webinar kali ini pun berlangsung interaktif dan menambah antusiasme para peserta.

Pada akhir acara, Dania memberikan closing statement yang sangat bagus.

“Coba tanyakan ke diri sendiri, ada suatu ungkapan, ‘if what you are doing today is getting you closer to where you want to be tomorrow’, ini balik lagi ke teman-teman punya cita-cita apa, terus lihat sekarang. Apa yang kita lakukan sekarang itu mendekatkan pada cita-cita yang diimpikan nggak sih?” tutup Dania.

Pondasi (Pondok Inspirasi) merupakan yayasan sosial pendidikan, membantu pemuda, khususnya mahasiswa Indonesia, untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitasnya yang siap menghadapi tantangan masa depan. Pondok Inspirasi akan terus melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia dengan berbagai program seperti webinar dengan salam tangguh, pemelajar, kreatif, dan menginspirasi.

*Penulis adalah member dari Pondok Inspirasi.

  • Bagikan