Pondok Inspirasi Suarakan Pentingnya Peran Pemuda pada Y20 Indonesian Delegation’s National Consultation 2021

  • Bagikan
Y20 Indonesian Delegation’s National Consultation 2021 yang digelar virtual Sabtu (10/7/2021) lalu yang diikuti member Pondok Inspirasi. (Foto: Dokumen)
Y20 Indonesian Delegation’s National Consultation 2021 yang digelar virtual Sabtu (10/7/2021) lalu yang diikuti member Pondok Inspirasi. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi diundang menjadi bagian dalam Y20 Indonesian Delegation’s National Consultation 2021 pada Sabtu (10/7/2021) lalu. Hal itu menjadi rangkaian kegiatan Indonesia menuju Y20 Italy 2021. Agus Harianto selaku Ketua Yayasan Pondok Inspirasi menjadi perwakilan Pondok Inspirasi menyuarakan pentingnya pengembangan sumber daya pemuda hari ini untuk mempersiapkan masa depan tenaga kerja di Indonesia.

Y20 Indonesian Delegation’s National Consultation 2021 berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh Edi Prio Pambudi (Staff Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) dan Dian Triansyah Djani (Duta besar Indonesia) sebagai Co-Sherpa G20 Indonesia, Gatot S Dewa Broto (Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga), dan Gracia Paramitha (Co-Founder of Indonesia Youth Diplomation) selaku Head of Y20 2021.

“Kami yakin resolusi untuk lapangan kerja masa depan, tidak cukup hanya dengan membuka lapangan kerja itu sendiri. Tidak cukup hanya dengan menyediakan berjuta lapangan kerja saja, tapi jauh sebelumnya, yang harus disiapkan adalah orang-orang yang mengisi peluang peluang tersebut. Harus benar-benar siap, siapapun yang nantinya akan mengisi peluang itu,” ujar Agus.

Lebih lanjut lagi Agus menjelaskan mengenai tiga tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini:

1. Menghidupkan secara maksimal ruang kolaborasi. Kolaborasi terbaru yang dilakukan pemerintah melalui program Kampus Merdeka merupakan suatu terobosan luar biasa. Akan tetapi, ruang kolaborasi ini harapannya bisa lebih agresif. Keterlibatan langsung komunitas, masyarakat, dan pemerintah harus menjadi standar baku untuk pola pendidikan Indonesia. Serta turut didukung dengan tersedianya akses kolaborasi antar-negara.

2. Bergerak bersama lebih mudah. Begitu banyak gerakan kebaikan di Indonesia. Sayangnya, gerakan ini banyak yang berjalan sendiri-sendiri padahal memiliki tujuan akhir yang sama yaitu untuk Indonesia lebih baik. Perlu wadah yang membuat gerakan ini mudah diakses dan diketahui oleh masyarakat atau pemangku kepentingan secara masif. Ruang digital adalah solusi untuk mengkoneksikan ribuan gerakan yang ada di Indonesia saat ini.

3. One Student one Movement (satu mahasiswa satu gerakan) merupakan wadah belajar untuk menumbuhkan empati dan jiwa leadership. Melalui gerakan ini mahasiswa dapat memahami permasalahan yang ada di lingkungan. Terdapat pembelajaran untuk mencari penyelesaian atas permasalahan, mengajak mahasiswa menjadi pemikir kreatif dan menjadi pemimpin. Program Satu Mahasiswa Satu Gerakan merupakan cara yang dirasa efektif saat ini agar mahasiswa dapat belajar banyak tentang nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, gotong royong, dan demi menjadi karakter yang siap menempuh masa depan yang lebih baik.

Gagasan ini nantinya akan menjadi pertimbangan para delegasi Indonesia di Y20 2021 yang akan diselenggarakan oleh Italy sebagi tuan rumah G20 2021. Dari kegiatan ini sekitar 20 komunitas yang hadir menyuarakan ide untuk Indonesia yang lebih baik dari berbagai sudut pandang.

Pondok Inspirasi menjadi wadah belajar keterampilan menulis ilmiah dan kepemimpinan untuk pemuda. Berdiri sejak 2013, Pondok Inspirasi telah meluluskan member yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti peraih medali di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021. Serta terpilih sebagai komunitas yang mendapat dukungan coaching inovasi dari PT Paragon Technology and Innovation.

 

Oleh Indah Prima D, Manajemen Pondok Inspirasi, mahasiswa IPB University

  • Bagikan