Program Jurnalis Mengajar, Dr Aqua Dwipayana Motivasi dan Beri Tips Sukses pada 800 Siswa SMKN 1 Turen - Tugujatim.id

Program Jurnalis Mengajar, Dr Aqua Dwipayana Motivasi dan Beri Tips Sukses pada 800 Siswa SMKN 1 Turen

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana.(Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada ratusan siswa SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang, Kamis (25/11/2021), dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional. (Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Memperingati Hari Guru Nasional 2021, Tugu Media Group bersama Malang Jurnalis Forum (MJF) menggelar program Jurnalis Mengajar pada Kamis (25/11/2021). Dalam program itu, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada 800 siswa SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang, Kamis (25/11/2021), sekitar pukul 10.30.

Karena masih dalam masa pandemi, Dr Aqua memberikan motivasi di outdoor agar bisa menampung ratusan siswa secara langsung. Meski sempat hujan, kehadiran Dr Aqua Dwipayana disambut secara meriah oleh para siswa.

Dr Aqua mulai sesi motivasinya dengan menceritakan kesuksesan anak sulungnya, Alira Vania Putri Dwipayana yang kuliah di Korea University. Selama di sana, Alira tak hanya kuliah di universitas top tersebut, tapi juga bekerja sebagai pemandu wisata.

Dr Aqua Dwipayana.(Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Salah satu siswi SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang, sedang bertanya kepada Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Dia mengatakan, uang yang dihasilkan Alira digunakan untuk jalan-jalan keliling dunia.

“Dia hobi traveling. Selama di Korea, dia sudah traveling ke lebih dari 50 negara,” ungkap Dr Aqua dengan bangga dan diikuti decak kagum dari para siswa.

Dari kisah anak pertamanya tersebut, Aqua memberi semangat kepada siswa-siswi yang dia motivasi agar selalu berusaha dan berkeyakinan.

“Jika mau berusaha dan yakin, insyaa Allah impian kalian akan terwujud,” ujarnya.

Berbicara tentang kesuksesan, Dr Aqua juga menekankan bahwa keberhasilan seseorang tak lepas dari peran guru.

“Jika ingin sukses bahagia dunia akhirat, hormatilah guru. Siswa yang tidak menghargai guru akan kualat,” tegasnya.

Dr Aqua Dwipayana.(Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Para siswa SMKN 1 Turen, Kabupaten Malang, tampak antusias dimotivasi Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Tanpa guru, Dr Aqua merasa tidak akan bisa sukses seperti ini. Hingga saat dia masih sering bersilaturahmi ke guru-gurunya saat sekolah dulu.

“Setiap saya pulang ke Sumatera, saya selalu mencari para guru saya. Setiap bertemu dengan guru, saya cium tangannya,” paparnya.

Dia mengatakan menjadi guru itu tidak mudah. Terbukti banyak orang tua yang kewalahan mengajari anak-anaknya di rumah akibat pandemi. Karena itu, orang tua perlu menyadari besarnya peran guru dalam mendidik anak-anak mereka.

“Orang tua juga sepatutnya menghormati guru, bukannya malah marah-marah ke mereka,” ujarnya.

Dia meyakini para guru yang sudah mengabdi dengan ikhlas akan masuk surga.

“Saya meyakini para guru akan masuk surga, dengan catatan mereka melakukannya dengan keikhlasan, tanpa pamrih,” ujar Aqua.

Selain memberi motivasi dan berbagi tips sukses, Dr Aqua Dwipayana juga memberi hadiah bagi tiga siswa yang berprestasi. Hadiah tersebut berupa tiket jalan-jalan ke Yogyakarta bersama satu guru pembina.

Dalam acara ini, Dr Aqua juga menjawab pertanyaan murid-murid seputar tips sukses, pemasaran, dan ilmu komunikasi. Dia menutup sesi motivasi dengan mengingatkan para siswa pentingnya kecerdasan emosional.

“Persaingan ke depannya semakin ketat, jangan hanya terpaku pada kemampuan akademik. Kecerdasan emosional juga penting,” ujar Dr Aqua.

Untuk diketahui, kegiatan Jurnalis Mengajar mengusung tema Melawan Hoax Mencerdaskan Bangsa. Dalam acara itu, hadir Dr Aqua Dwipayana yang khusus mengajar di SMKN 1 Turen, Herliyanto (Redaktur tugumalang.id), Savero Karamiveta (Redaktur Pelaksana tugujatim.id), Abdi Purnomo (Tempo), Hanum Oktavia (RRI), Fino Yudistira (Kabar Malang), Darmadi Sasongko (Merdeka.com), Andi Hartik (Kompas.com), Nur Laila Rarti (Jatim Times), Hilda Daningtiyas (Kompas TV), Oky (City Guide FM), Noordin (PWI Malang Raya), dan Nedi Putra (PFI Malang).

Sekolah dan kampus yang dipilih yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Ma Chung, Universitas Gajayana Malang, SMAN 1 Turen, SMKN 1 Turen, MAN 1 Gondanglegi, SMKN 4 Malang, SMAN 2 Malang, SMAN 8 Malang, dan SMAN 5 Malang. Kegiatan Jurnalis Mengajar ini disponsori oleh PT Foxstars International, BNI Kanwil 18 Malang, PT Beton Indotama Surya, PT Conbloc Indonesia Persada, PLN UP3 Malang, dan Smartfren.

 

  • Bagikan