Pulang dari Taiwan, Satu PMI asal Kota Batu Jalani Isolasi Mandiri - Tugujatim.id

Pulang dari Taiwan, Satu PMI asal Kota Batu Jalani Isolasi Mandiri

  • Bagikan
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Menjelang Idul Fitri 1442 H, Pekerja Migran Indonesia (PMI) mulai pulang kampung. Salah satunya, seorang imigran dari Taiwan asal Kota Batu yang kini tengah menjalani isolasi mandiri.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menuturkan, saat ini sudah ada 11 imigran yang masuk ke Malang Raya. Dikatakan, 11 imigran tersebut berada di bawah naungan salah satu perusahaan di Kepanjen, Kabupaten Malang.

Sementara menurutnya, salah satu di antaranya merupakan warga Kota Batu. Disebutkan, imigran asal Kota Batu tersebut baru saja datang dari tempat kerjanya di Taiwan.

“Dia sudah menjalani isolasi selama dua hari di Sukolilo, Surabaya dan sudah di tes swab. Sekarang dia sudah pulang kerumahnya di Tulungrejo, Kota Batu,” ucapnya, Minggu (2/5/2021).

Punjul menjelaskan, berdasarkan peraturan yang ada, imigran tersebut memang wajib menjalani isolasi setelah masuk ke Kota Batu. Untuk itu imigran tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri dikediamannya. Dikatakan, imigran tersebut akan menjalani tes swab antigen dalam tiga hari berikutnya.

“Kebetulan rumahnya kosong, dia sendirian. Kepala Desa, Camat dan Dinkes Kota Batu terus memantaunya. Dihari kelima itu nanti akan dites antigen, kalau negatif baru boleh ketemu keluarga. Aturannya seperti itu,” paparnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan hasil tes swab yang dijalani imigran berjenis kelamin perempuan tersebut.

“Memang dari 11 migran yang ada, yang berasal dari Kota Batu hanya satu. Informasinya, Januari Februari kemarin juga sudah ada yang pulang dari luar negeri. Katanya visanya habis,” ujarnya.

  • Bagikan