Raih Gelar "Doktor Kapiten", Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Angkat Potensi Kopi Lokal Jadi Disertasi - Tugujatim.id

Raih Gelar “Doktor Kapiten”, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Angkat Potensi Kopi Lokal Jadi Disertasi

  • Bagikan
Bupati Pasuruan. (Foto: Humas Pemkab Pasuruan/Tugu Jatim)
Suasana sidang disertasi Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf di Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jumat (20/05/2022). (Foto: Humas Pemkab Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf SE MMA kini resmi menyandang gelar baru sebagai “Doktor Kapiten”. Gelar tersebut disematkan oleh Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf kepada Gus Irsyad setelah lulus sidang disertasi program Doktor Ilmu Lingkungan di Kampus Pascasarjana Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jumat (20/05/2022).

“Saya ikut bangga karena ada Kader NU sekaligus kepala daerah yang mampu menyelesaikan S-3 dengan kerja keras. Sangat pantas bila gelar Doktor Kapiten disematkan untuk Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf,” ucap Gus Yahya pada Sabtu (21/05/2022).

Dalam disertasinya, Bupati Gus Irsyad mengangkat tema potensi kopi lokal Pasuruan yang di-branding dengan nama Kopi Kapiten. Lewat disertasi berjudul “Pengembangan Kopi Kapiten dalam Membangun Brand Kabupaten Pasuruan sebagai Daerah/Kawasan Agropolitan”, Bupati Gus Irsyad lulus dengan nilai memuaskan.

“Saya merintis ini bertahun-tahun agar ada brand untuk kopi di Kabupaten Pasuruan. Potensinya sangat besar di 8 kecamatan. Sampai ketemu nama Kopi Kapiten ini,” ujar Gus Irsyad.

Pemilihan produk Kopi Kapiten sebagai judul disertasi ini dipilih Gus Irsyad setelah melihat potensi di daerahnya. Bagi dia, hasil budi daya kopi di wilayahnya belum banyak diolah secara maksimal. Padahal, kopi lokal Kabupaten Pasuruan ini punya rasa yang khas dan berbeda dari daerah lainnya.

Karena itu, dalam disertasi Gus Irsyad, dia menggunakan teori Triple Helix yang mensinergikan antara aspek akademik, bisnis, dan pemerintah untuk membangun Kopi Kapiten sebagai ikon pertanian unggulan Kabupaten Pasuruan.

”Harapannya hasil penelitian ini jadi referensi penentu kebijakan pemerintahan di masa mendatang,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan