Ranperda Kepemudaan Kota Malang Disahkan, Komitmen Wujudkan Kota Layak Pemuda - Tugujatim.id

Ranperda Kepemudaan Kota Malang Disahkan, Komitmen Wujudkan Kota Layak Pemuda

  • Bagikan
Wali Kota Malang, Sutiaji memaparkan Ranperda Kepemudaan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang, Sutiaji memaparkan Ranperda Kepemudaan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Malang. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kepemudaan Kota Malang akhirnya resmi diketuk palu dalam agenda rapat paripuran di gedung DPRD Kota Malang, Senin 927/9/2021) malam. Harapannya, Perda Kepemudaan tersebut bisa mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Layak Pemuda.

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan bahwa Ranperda Kepemudaan ditujukan untuk mewujudkan kota layak pemuda. Berdasarkan data Bada Pusat Statistik (BPS), usia milenial di Kota Malang mencapai lebih dari 60 persen. Untuk itu, potensi pemuda ini perlu mendapatkan wadah agar pemuda dapat berkontribusi dalam membangun Kota Malang.

“Inovasinya saya kira Kota Malang ini kan ekonomi kreatif juga menjadi misi kami. Bahwa kita akan melakukan peningkatan kualitas daya saing yang berbasis pada ekonomi kreatif,” ucapnya.

Menurutnya, potensi pemuda di Kota Malang sangat melimpah. Maka potensi pemuda perlu terus digali untuk memunculkan pemuda tangguh sehingga pada akhirnya dapat mengatasi masalah pengangguran di Kota Malang.

Perwal Kepemudaan Segera Menyusul Perda Kepemudaan

“Tentu sudah kita komunikasikan impelementasi dari Perda itu dan segera akan dibentuk Peraturan Wali Kota (Perwal) Kepemudaan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pansus Ranperda Kepemudaan DPRD Kota Malang, Amithya Ratnanggani mengatakan bahwa Ranperda Kepemudaan dibentuk untuk memfasilitasi pengembangan potensi pemuda di Kota Malang.

“Jadi intinya perda kepemudaan ini memformatkan hal hal yang sifatnya untuk meningkatkan kapasitas pemuda di Kota Malang. Mengingat kita itu kota edukasi, banyak sekali pemuda yang bukan hanya Kota Malang semaksimal mungkin,” ucapnya.

Terlebih, organisasi kepemudaan di Kota Malang sangat dinamis dan cukup banyak keberadaannya. Sehingga menjadikan atmosfer keorganisasian di Kota Malang penuh warna yang beragam.

“Maka kita harus mempersiapkan supaya mereka siap menjadi generasi yang baik dan tangguh. Tidak hanya di dunia politik saja, tapi di dunia dunia lain sehingga mereka bisa beradaptasi,” pungkasnya.

  • Bagikan