Ratusan Pedagang Pasar Kota Bojonegoro Demo Tolak Relokasi ke Pasar Wisata - Tugujatim.id

Ratusan Pedagang Pasar Kota Bojonegoro Demo Tolak Relokasi ke Pasar Wisata

  • Bagikan
Pasar Kota Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Ratusan pedagang Pasar Kota Bojonegoro tolak relokasi menuju Pasar Wisata Bojonegoro yang berlangsung di depan Kantor DPRD Bojonegoro, Senin (03/01/2021). Mereka antusias melakukan penolakan relokasi meski membawa spanduk yang lama. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Ratusan pedagang Pasar Kota Bojonegoro menolak relokasi atau pemindahan menuju Pasar Wisata Bojonegoro. Penolakan itu berlangsung bersamaan dengan sosialisasi yang dilakukan Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro pada Senin (03/01/2022).

Penolakan pemindahan dipicu beberapa hal. Seperti diungkapkan Kepala Paguyupan Pasar Kota Bojonegoro Warsito. Dia menyebut, sebelumnya pedagang belum pernah diberikan sosialisasi terkait pembangunan Pasar Wisata.

“Selama ini pembangunan Pasar Wisata tidak ada sosialisasi ke kami (pedagang), bahkan rencana pemindahan sebelumnya juga tidak disosialisasikan,” ungkap Warsito.

Selain itu, bersama pedagang lainnya, dia mengaku tidak dilibatkan dalam perencanaan desain Pasar Wisata Bojonegoro. Hal lain yang mengakibatkan penolakan relokasi pedagang Pasar Kota Bojonegoro menuju Pasar Wisata juga diungkapkan advokat yang berpihak pada Pedagang Pasar, Agus Mujiono yang mengungkapkan sejak dulu tahun 1992, sejarah berdirinya Pasar Kota Bojonegoro yang sudah diserahkan kepada PT Alindo untuk mengelola pasar.

Dalam hal ini, dia mengatakan, PT Alindo memegang wewenang kios pasar yang akan dijual atau disewakan kepada pembeli.

“Untuk bisa masuk pasar ini syaratnya tidak mudah. Kalau dipindah, bagaimana landasan hukum kepemilikan kios yang sudah dibeli oleh para pedagang,” ungkapnya.

Pasar Kota Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Kepala Paguyupan Pasar Kota Bojonegoro Warsito.(Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Selain itu, lokasi Pasar Wisata yang akan dijadikan pemindahan juga dianggap tidak strategis karena berdekatan dengan pasar modern yang ada di Bojonegoro.

“Lokasi pasar berdekatan dengan Pasar Banjarejo 1, dekat pusat perbelanjaan modern seperti KDS dan Bravo. Apakah bisa menjamin banyak pembeli yang datang membeli dagangan pada pedagang?” ujarnya.

Perlu diketahui, Pemkab Bojonegoro berencana memindahkan pedagang Pasar Kota Bojonegoro menuju Pasar Wisata Bojonegoro yang berlokasi di Jalan Kopral Kasan Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro dengan tujuan agar membuat pedagang merasa nyaman dengan fasilitas yang lebih memadai.

“Pemkab Bojonegoro menginginkan pedagang ditata dengan baik. Melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro, bagaimana caranya agar pedagang bisa nyaman, sarana dan prasarana layak, dan ada daya tarik pembeli,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro Sukaemi.

Untuk diketahui, peresmian Pasar Wisata Bojonegoro rencananya akan berlangsung pada 7 Januari 2022. Kemudian 3 hari setelahnya akan dilakukan undian penempatan pedagang, dan 2 hari setelah itu langsung penempatan para pedagang.

  • Bagikan