Relawan Tugu Media Peduli Buka Puasa Bersama Warga Korban Gempa Malang - Tugujatim.id

Relawan Tugu Media Peduli Buka Puasa Bersama Warga Korban Gempa Malang

  • Bagikan
Tim Tugu Media Peduli buka bersama dengan korban gempa Malang di Kabupaten Malang. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)
Tim Tugu Media Peduli buka bersama dengan korban gempa Malang di Kabupaten Malang. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Tim relawan Tugu Media Peduli memang tidak setengah-setengah dalam melaksanakan tugas kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan berupa sembako dan material bangunan kepada korban gempa Malang. Lebih dari 12 jam tim relawan Tugu Media Group menyalurkan bantuan ke setiap posko dan rumah warga di Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtoyudo, dan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan tersebut, tim relawan Tugu Media Peduli juga berinteraksi dengan warga yang berasal dari Desa Sukodadi, Kecamatan Ampelgading, dengan ikut berbuka bersama di tengah-tengah rumah yang hancur akibat gempa dan hanya beralaskan karpet tipis.

Sambil menikmati hidangan yang disajikan warga desa, para relawan juga mendengarkan cerita-cerita dari warga terkait bantuan yang kurang merata hingga kisah rumah-rumah mereka yang hancur.

Salah satu warga bernama Joko Nurwahyudi menceritakan jika setidaknya ada 4 rumah di desanya yang hancur termasuk rumahnya.

“Di sini Desa Sukodadi, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, ya seperti ini ada sekitar 4 rumah roboh dan di atas situ ada warga yang tertimpa rumah langsung meninggal dunia,” terangnya saat berinteraksi dengan relawan pada Selasa (27/04/2021).

Tim Tugu Media Peduli beralaskan karpet di antara reruntuhan rumah gempa Malang saat berbuka puasa. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)
Tim Tugu Media Peduli beralaskan karpet di antara reruntuhan rumah gempa Malang saat berbuka puasa. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)

“Bupati Malang langsung datang kemari, ini karena viral ada yang langsung meninggal,” imbuhnya.

Sepanjang perjalanan menuju Desa Sukodadi, relawan Tugu Media Peduli menyalurkan 50 sak semen di Desa Telogosari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Selain itu, di Posko GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan) di Dusun Sukoanyar, Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, ada 33 paket sembako untuk warga dan 8 paket untuk dapur umum, 10 buah selimut, 13 buah terpal, dan 5 perlengkapan bayi. Juga menyumbangkan 20 sak semen untuk pembangunan masjid di Desa Wirotaman.

Kemudian saat sampai di Posko Sukodadi, Tugu Media Peduli menyalurkan 20 paket sembako, 2 buah selimut, 5 buah terpal, 15 sak semen, dan 2 perlengkapan bayi.

Warga korban gempa Malang bercengkerama dengan Tim Tugu Media Peduli. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)
Warga korban gempa Malang bercengkerama dengan Tim Tugu Media Peduli. (Foto: Bayu Eka/ Tugu Jatim)

Donasi Gempa Malang yang kini perolehannya sudah tembus Rp 137 juta terinspirasi dari Dr Aqua Dwipayana. Dia yang membaca berita Gempa Malang melalui tugumalang.id dan tugujatim.id, spontan menyumbang Rp 10 juta. Donasi tersebut didapat dari hasil penjualan dua buku terbarunya yang merupakan bagian dari serial Trilogi The Power of Silaturahim yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Karena aksi spontanitas Dr Aqua Dwipayana inilah, manajemen Tugu Media Group langsung membuka donasi tersebut. Selain dari Dr Aqua Dwipayana, donasi juga datang dari CEO PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat senilai Rp 25.000.000, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja yang memberi donasi Rp 15 juta, dan pengusaha asal Jogjakarta Tjia Edy Susanto yang membantu Rp 15 juta.

Ada juga Presiden Direktur PT Duta Anggada Realty Ventje Suardana yang mengirim sumbangan Rp 10 juta. Lalu sumbangan dari PT DnV Internasional Makmur Gemilang Rp 7 juta. Juga dari pengusaha yang berasal dari Kediri Nanang Suswandono sebanyak Rp 5 juta.

Hingga saat ini, sudah dilaksanakan penyaluran bantuan tahap kedua oleh Tugu Media Group.

  • Bagikan