Risma jadi Mensos, Wishnu Sakti Buana Jabat Plt Wali Kota Surabaya

  • Bagikan
Wishnu Sakti Buana, Plt Wali Kota Surabaya. (Foto: Dokumen Pemkot Surabaya)
Wishnu Sakti Buana (tengah), Plt Wali Kota Surabaya. (Foto: Dokumen Pemkot Surabaya)

SURABAYA, Tugujatim.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi menunjuk Wishnu Sakti Buana sebagai pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Surabaya. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya tersebut ditunjuk usai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dilantik sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju oleh Jokowi.

Hal tersebut merujuk pada Surat Perintah Tugas No. 131/1143/011.2/2020 yang diterbitkan oleh Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim, pada Rabu (23/12/2020).

Surat Perintah Tugas. (Dok)
Surat Perintah Tugas. (Dok)

Baca Juga: Penuh Humor dan Kebijaksanaan: Simak 25 Kata Bijak dari Gus Dur

“Gubernur Jatim resmi memberi tugas kepada Wishnu Sakti Buana ST untuk melaksanakan tugas dan wewenang Wali Kota Surabaya. Dengan demikian, mulai saat ini, Walikota Surabaya sudah berganti kepemimpinan,” tulis press rilis yang dipublikasikan pada laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Rabu (23/12).

Keputusan tersebut atas dasar Radiogram No. 131.35/7002/OTDA tertanggal 23 Desember 2020 tertanda tangan Dirjen Otonomi Daerah. Khofifah menjelaskan bahwa surat tersebut berlaku sampai dilantiknya Wali Kota Surabaya yang definitif.

“Sebagaimana dimaksud dalam pasal 65 Ayat 1 dan 2 UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” jelas Khofifah saat ditemui oleh Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya setelah meninjau persiapan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, Kamis (24/12).

Sebagai informasi, surat tugas tersebut diterbitkan langsung dan dikirim ke Wisnu Sakti Buana, Menteri Dalam Negeri dan Ketua DPRD Kota Surabaya pada Kamis (24/12). Khofifah berharap kepada Wali Kota Surabaya terlantik, Wisnu Sakti Buana, agar sukses, sehat dan dapat menjalankan amanah dengan baik. (Rangga Aji/gg)

 

  • Bagikan