Sasmito-Ika Resmi Nakhodai AJI Indonesia Periode 2021-2024 - Tugujatim.id

Sasmito-Ika Resmi Nakhodai AJI Indonesia Periode 2021-2024

  • Bagikan
2 pasangan calon Ketum dan Sekjen AJI, Ika Ningtyas, Sasmito Madrim, Revolusi Riza, dan Dandy Koswara. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim) sasmito-ika, ketum aji, sekjen aji. tugu jatim
2 pasangan calon Ketum dan Sekjen AJI, Ika Ningtyas, Sasmito Madrim, Revolusi Riza, dan Dandy Koswara. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)

JAKARTA, Tugujatim.id – Pasangan Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas (Sasmito-Ika) resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia periode 2021-2024 pada Kongres XI AJI yang digelar secara virtual mulai 27 Februari-2 Maret 2021.

Pada proses pemilihan Ketum dan Sekjen AJI Indonesia yang digelar secara demokratis tersebut, pasangan Sasmito-Ika sukses meraih total 119 suara. Sedangkan pasangan calon lainnya, Revolusi Riza dan Dandy Koswara meraih 109 suara. Pada pemilihan tersebut, total suara sah yakni 228 suara.

Total lebih dari 300 anggota mengikuti agenda Kongres XI AJI yang sebenarnya dijadwalkan untuk digelar selama dua hari dan mundur menjadi 4 hari tersebut. Agenda Kongres XI ini antara lain membahas Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Garis Besar Haluan Program (GBHP), Resolusi, dan agenda pemilihan ketua dan sekretaris Jenderal,

Sasmito Madrim, Ketum AJI Indonesia terpilih menyatakan bahwa hal tersebut bukan kemenangan untuk dirinya, melainkan segenap organisasi bernama AJI.

“Kemenangan ini tentu bukan kemenangan Sasmito dan Ika, tetapi kemenangan semuanya. Kemenangan mas Revo (Revolusi Riza, red) dan bang Dan Kos (Dandy Koswara, red). Ini semua kita lakukan untuk kebaikan AJI semata,” terang Sasmito usai ditetapkan sebagai Ketum AJI Indonesia periode 2021-2024, Selasa (2/3/2021) dini hari.

Menurutnya, banyak hal yang menjadi tantangan bagi organisasi profesi jurnalis tersebut. Beberapa di antaranya yakni pemerintahan yang dianggap masih bergaya otoriter, kekerasan pada jurnalis, hingga disrupsi digital.

“Oleh karena itu, Sasmito-Ika akan berupaya sekuat tenaga untuk menegakkan Tripanji AJI. Tentu kita tidak bisa berjuan sendiri, kita berharap semua anggota AJI bisa bersatu padu untuk menegakkan tripanji AJI,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Tripanji AJI antara lain kemerdekaan pers, profesionalitas jurnalis, dan kesejahteraan jurnalis.

Revo Langsung Ucapkan Selamat pada Sasmito-Ika

Sementara itu, sebagai paslon lain, Revolusi Riza juga mengucapkan selamat kepada pasangan Sasmito Madrim dan juga Ningtyas. Ia menegaskan bahwa pihaknya legowo akan keputusan Kongres XI AJI tersebut.

“Saya juga mengucapkan kepada Sasmito dan Ika Ningtyas yang sudah terpilih sebagai Ketua dan Sejken AJI di Kongres XI ini. Semoga bisa mengemban amanah dan menjalankan semua yang diamanahkan pada kongres ini,” ujar pria yang akrab disapa Revo tersebut.

Tak hanya itu, ia juga mengucapkan kepada semua anggota AJI dan juga berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras pada Kongres XI AJI kali ini.

Untuk diketahui, pada Kongres XI AJI ini juga ditetapkan dua AJI Kota baru, yakni AJI Pangkal Pinang dan AJI Samarinda. Artinya, total jumlah AJI Kota bertambah dari 38 menjadi 40 AJI Kota yang tersebar di seluruh Indonesia. (Gigih Mazda/gg)

Kongres XI AJI Digelar Virtual, 2 AJI Kota Baru Ditetapkan

  • Bagikan