Kenapa ya Kulit Zebra Itu Belang? Ini Dia Jawabannya... - Tugujatim.id

Kenapa ya Kulit Zebra Itu Belang? Ini Dia Jawabannya…

  • Bagikan
Zebra/Pixabay
Zebra/Pixabay

Tugujatim.id – Pernah nggak Anda berpikir kenapa kulit Zebra itu belang hitam dan putih? Hewan yang mirip kuda itu ternyata menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk dibahas lho gaes. Bahkan, zebra itu populer dan menjadi primadona di kawasan safari Afrika.

Untuk mengetahui lebih jauh soal zebra, Tugu Jatim bakal membahas fakta menarik yang barangkali belum masyarakat ketahui. Apa saja itu…?

1. Zebra Ternyata Punya Suara Aneh, Apa Benar?

Suara zebra ternyata aneh dan unik, gaes. Kalau mereka mengeluarkan ringkik terdengar seperti kuda. Namun, ada zebra jenis grevy, suaranya cenderung lebih menyerupai keledai. Sedangkan yang paling mencengangkan, zebra jenis dataran bisa mengeluarkan suara seperti anjing, menyalak, menggonggong. Wow unik ya? Baru tahu?

2. Kamu Tahu “Barcode”? Garis pada Tubuh Zebra Fungsinya Mirip Itu. Percaya?

Ilmuwan dapat melihat, mengamati, dan menentukan berdasarkan dari garis tubuh zebra merupakan acuan untuk proses identifikasi berat tubuh, postur badan, tipe kehamilan, dan lain-lainnya. Kalau dipikirkan ulang, fungsi garis zebra seperti mirip dengan barcode ya? Punya kode dan pengertian masing-masing. Bisa dibaca oleh para ilmuwan, gaes.

3. Apa Anda Pernah Berpikir? Apa Warna Dasar Tubuh Zebra? Ternyata Jawabannya Hitam!

Kalau kita lihat selama ini, warna putih cenderung dominan di tubuh zebra. Tapi, warna putih itu bukan warna dasar yang ada di tubuh zebra. Warna dasarnya justru hitam, yang terlihat seperti loreng-loreng di tubuhnya itu. Anda kepikiran sampai ke situ?

4. Populasi Zebra sedang dalam Masalah yang Serius!

Setelah membahas hal yang unik, Tugu Jatim mengungkapkan fakta bahwa populasi zebra masuk dalam kategori mencemaskan. Ada tiga spesies zebra di bumi, meliputi zebra gunung, zebra grevy, dan zebra dataran. Untuk zebra grevy sendiri sering kali disebut dengan zebra primitif karena populasinya yang paling terancam akibat rusaknya habitat hewan belang tersebut, apalagi soal perburuan liar.

Di alam liar sendiri, hanya ada 2 ribu ekor zebra grevy yang masih hidup. Sedangkan untuk zebra gunung, hanya tersisa 9 ribu ekor di bumi. Sedangkan untuk spesies berikutnya, zebra dataran hidup dengan jumlah dan populasi yang masih tergolong aman.

5. Mirip Kuda? Tapi Zebra Tidak Bisa Jinak

Postur tubuh kuda dan zebra hampir mirip ya. Tapi, ada perbedaan yang mencolok, zebra lebih agresif dari kuda. Kuda masih bisa dijinakkan, sedangkan zebra tidak bisa. Zebra dan kuda bagai serigala dan anjing. Keduanya hampir sama, tapi 180 derajat sifatnya berbeda.

Itulah fakta unik dan menarik mengenai zebra. Apakah sebelumnya Anda sudah tahu tentang hal itu? Sudah pernah membaca atau mengetahuinya? Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk Anda. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan