Sebelum Lakukan Perjalanan, Inilah Cara Mudah Mengakses Sertifikat Vaksinasi Covid-19 dengan Format Baru

  • Bagikan
Ilustrasi warga mendapatkan sertifikat setelah vaksinasi Covid-19. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi warga mendapatkan sertifikat setelah vaksinasi Covid-19. (Foto: Pexels)

MALANG, Tugujatim.id – Selama masa PPKM Darurat mulai 3-20 Juli 2021, Pemerintah RI menetapkan aturan dan syarat bagi pelaku perjalanan jarak jauh. Selain menyertakan hasil tes RT-PCR dan hasil tes swab antigen, mereka wajib memperlihatkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Diketahui, persyaratan ini dilakukan sebagai upaya menekan laju mobilitas masyarakat. Dengan begitu, sebaran virus tidak semakin meluas. Jika memang tidak ada kebutuhan mendesak, sebaiknya warga tetap tinggal di tempat dan mengurangi mobilitas.

Soal sertifikat vaksinasi itu sendiri, bisa diakses secara online melalui SMS yang dikirim oleh 1199. SMS ini juga berisi link untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19.

Selain melalui SMS, sertifikat vaksinasi Covid-19 juga bisa diakses melalui website pedulilindung.id atau aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh pada Google Playstore di masing-masing ponsel Anda.

Seiring dengan penetapan aturan ini, format tampilan sertifikat vaksinasi pun diperbarui dengan dilengkapi informasi jenis atau merek vaksin lengkap dengan nomor batch vaksin.

Inilah Cara Mengunduh dan Mengecek Sertifikat Vaksinasi Anda melalui Website pedulilindungi.id:

1. Buka website pedulilindungi.id. Lalu buatlah akun register dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (NIK). Ikuti saja alurnya sampai nanti Anda bisa melihat sertifikat vaksinasi dengan format yang baru dilengkapi dengan jenis dan nomor batch vaksin. Anda juga bisa langsung mengunduhnya.

2. Selain website, Anda juga bisa mengakses sertifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Alur registrasi via aplikasi ini tak jauh beda dengan yang ada di website.

Sebagai informasi, sertifikat vaksinasi ini hanya boleh diperlihatkan kepada petugas yang berwenang. Jangan diumbar-umbar atau bahkan dijadikan konten di media sosial, karena sertifikat ini juga berisi lampiran data-data pribadi.

  • Bagikan