Segera! Patung Bung Karno-Bung Hatta Bakal Berada di Alun-Alun Tugu Malang - Tugujatim.id

Segera! Patung Bung Karno-Bung Hatta Bakal Berada di Alun-Alun Tugu Malang

  • Bagikan
Patung Bung Karno. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)
Alun-Alun Tugu Kota Malang.(Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Warga Kota Malang akan disuguhi sesuatu yang istimewa. Sebab, Pemkot Malang akan membuat patung proklamator Republik Indonesia Ir Soekarno atau Bung Karno di tengah-tengah Kota Malang. Rencananya, patung itu akan dibangun di sekitar Alun-Alun Tugu. Tak hanya Bung Karno, patung Bung Hatta pun juga akan berada di sana.

Pembangunan patung Bung Karno itu kali pertama diusulkan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika dalam Forum Group Discussion (FGD) penataan Alun-Alun Tugu Kota Malang.

“Saya usul nanti bisa dibangun monumen patung Bung Karno di sisi luar alun-alun. Tujuannya agar masyarakat tahu peran Bung Karno pada sejarah Alun-Alun Tugu Kota Malang ini,” ujar Made pada Selasa (28/12/2021).

Dia menyebutkan, pembangunan patung tersebut bisa dijadikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa Bung Karno bagi Kota Malang dan Indonesia. Apalagi, peresmian monumen Tugu Kota Malang ini juga diresmikan Bung Karno pada 1953 silam.

“Patung ini merupakan bentuk penghargaan untuk beliau. Saya usulkan agar nanti diletakkan menghadap persis ke Alun-Alun Tugu,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengaku sepakat atas usulan pembangunan patung Bung Karno di sekitar Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Bahkan, Sutiaji mengatakan, tak hanya patung Bung Karno saja yang akan didirikan. Dia melanjutkan, patung Bung Hatta juga akan didirikan untuk memperkuat pesan sejarah dan karakter pendiri bangsa tersebut.

“Tapi, kita harus izin keluarganya dulu. Karena patung ini nanti akan menjadi simbol pembangunan karakter masyarakat Kota Malang. Patung Bung Karno juga memang belum ada di Kota Malang,” ujarnya.

 

  • Bagikan