Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua Dwipayana Berbagi Ilmu di Jajaran Kodam IV/Diponegoro

  • Bagikan
Pakar Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana saat memberikan materi kepada peserta. (Foto: Dok/Tugu Jatim)
Pakar Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana saat memberikan materi kepada peserta. (Foto: Dok/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Meski di tengah pandemi virus Covid-19, tak membuat Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana berhenti untuk memotivasi orang lain. Setelah sukses melakukan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 32 sesi di tiga Korem dan Kodam IV/Diponegoro, Senin pagi ini (01/02/2021) Dr Aqua kembali melaksanakan aktivitas serupa di jajaran Kodam IV/Diponegoro, terutama di Korem 074/Warastratama Solo, Jawa Tengah. Rencananya, total ada 14 sesi, termasuk di Semarang.

Di luar itu direncanakan ada dua sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi lainnya, baik luring maupun daring. Dilaksanakan di jajaran Polres Madiun Kota atas undangan Kapolres-nya AKBP Dewa Putu Eka Darmawan. Juga dengan sekitar 15 wartawan yang sedang ikut pendidikan yang dilaksanakan oleh Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan yang dipimpin wartawan senior Nurcholis MA Basyari.

Dalam minggu pertama Februari 2021 ini, Dr Aqua rencananya Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 16 sesi. Tempatnya di dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Insya Allah saya siap melaksanakan semua amanah untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi termasuk dari Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan. Kesempatan tersebut akan saya optimalkan untuk banyak belajar pada seluruh peserta dan berbagi kepada mereka,” ungkap Dr Aqua.

Khusus di jajaran Kodam IV/Diponegoro, total peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi yang terdiri dari para prajurit, aparatur sipil negara (ASN), pengurus, dan anggota Persit diperkirakan sebanyak ratusan orang. Mereka hadir di ruangan dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Tema Sharing Komunikasi dan Motivasi-nya adalah “Tetap Produktif dan Menghasilkan Kinerja Terbaik Pada Tahun 2021 Meski Masih Pandemi Covid-19”.

Dr Aqua optimistis seluruh peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi itu antusias. Hal tersebut seperti pengalaman kegiatan serupa yang dilaksanakan sekitar tiga minggu sejak awal Januari 2021 sebanyak puluhan sesi.

Kehadiran Dr Aqua Sangat Dibutuhkan
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari yang mengundang Dr Aqua Dwipayana untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya. Bapak dua putra itu memberikan dukungan penuh pada kegiatan tersebut. Di tengah-tengah jadwalnya yang padat dia selalu memonitor keberadaan Dr Aqua dan mengupayakan secara optimal kesuksesan semua acaranya.

Selama Dr Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi, setiap ada kesempatan selalu berusaha ketemu Bakti Agus. Selain menyampaikan hasil kegiatannya di jajaran Kodam IV/Diponegoro, mereka mendiskusikan berbagai hal yang aktual.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari bersama Dr Aqua. (Foto: Dok/Tugu Jatim)
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari bersama Dr Aqua. (Foto: Dok/Tugu Jatim)

Terakhir pada Senin malam (25/01/2021) seusai Dr Aqua melakukan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Korem 071/Wijayakusuma Banyumas dan Kodim Banyumas, mereka ketemu di Purwokerto. Waktu itu Bakti Agus sedang melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut.

Mereka ketemu dan diskusi sekitar lima jam. Hadir dalam pertemuan tersebut mendampingi Bakti Agus, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, dan Dandim Banyumas Letkol Inf Chandra.

Menurut Bakti Agus, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, kehadiran Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajarannya sangat dibutuhkan. Mereka perlu diberi semangat agar tetap bekerja optimal dan menunjukkan kinerja terbaik.

Apalagi di saat pandemi Covid-19 ini, mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu melanjutkan, kehadiran para prajurit TNI, termasuk dari Kodam IV/Diponegoro di tengah-tengah masyarakat dibutuhkan sekali. Selain sebagai penyemangat, juga mereka terus-menerus mengingatkan rakyat Indonesia tentang bahaya Covid-19 dan agar konsisten melaksanakan 3M. Selain itu, agar bersedia melakukan vaksinasi yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

“Terima kasih banyak Pak Aqua atas semua yang disampaikan kepada seluruh jajaran Kodam IV/Diponegoro untuk memotivasi dan memberikan pencerahan kepada mereka. Juga berbagai hadiah termasuk umrah dan liburan ke Bali untuk banyak anggota dan istrinya. Semoga kinerja satuan lebih optimal di masa mendatang,” ujar Bakti Agus.

Jadwal di Korem 074/Warastratama
Dalam minggu ini selama empat hari, Senin sampai Kamis (1-4/02/2021) Dr Aqua rencananya Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Korem 074/Warastratama. Acaranya diawali Senin pagi ini di korem yang langsung dipimpin Danrem Kolonel Inf Rano Tilaar.

Rano senang dan menyambut gembira kehadiran Dr Aqua di tengah-tengah prajuritnya. Menurut dia, kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu sangat bermanfaat buat para prajurit, ASN, dan Persit.

“Saya berterima kasih sekali kepada Pangdam IV/Diponegoro Bapak Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari yang sengaja mengundang Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi di jajaran Korem 074/Warastratama, termasuk di tujuh kodim dan satu batalyon. Saya yakin kegiatan ini manfaatnya besar sekali buat semua anggota dan anggota Persit,” ujar Rano.

Danrem yang berasal dari Sulawesi Utara itu bersama stafnya telah menyusun agenda Sharing Komunikasi dan Motivasi yang sistematis, efektif, dan efisien. Dalam sehari kegiatannya dioptimalkan.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu dimulai di Korem 074/Warastratama. Kemudian siangnya dilanjutkan di Kodim 0735/Surakarta.

Selasa pagi besok (02/02/2021) di Kodim 0723/Klaten. Setelah itu di Kodim 0724/Boyolali. Siangnya di Kodim 0726/Sukoharjo.

Sedangkan Rabu (03/02/2021) lusa acaranya diawali di Kodim 0725/Sragen. Setelah itu di Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen. Siangnya di Kodim 0727/Karanganyar.

Sesi terakhir Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Korem 074/Warastratama dilaksanakan pada Kamis pagi (04/02/2021) di Kodim 0728/Wonogiri. Setelah itu kegiatan serupa dilanjutkan di Makodam IV/Diponegoro di Semarang sampai Jumat (5/2/2021).

“Atas dukungan penuh dari Pangdam IV/Diponegoro Bapak Mayjen TNI Bakti Agus dan jajarannya, termasuk Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar, saya optimistis semua acara Sharing Komunikasi dan Motivasi pada minggu ini sukses,” ujar Dr Aqua. (riq/ln)

  • Bagikan