News  

Solidaritas Tragedi Kanjuruhan, Kunto Hartono Gebuk Drum dengan Mata Tertutup

tragedi kanjuruhan tugu jatim
Kunto Hartono menggebuk drum dengan mata tertutup. Foto: dok Kunto Hartono

MOJOKERTO, Tugujatim.id – Drummer, Kunto Hartono unjuk kebolehan di Mojokerto, Jawa Timur, untuk memperingati Hari Pahlawan ke-77 yang bertepatan dengan berdirinya Majapahit ke-729.

Kunto Hartono menggebuk drum dengan mata ditutup bertuliskan angka 135 yang filosofinya diambil dari jumlah korban meninggal tragedi Kanjuruhan dan mulut dilakban bertuliskan #UsutTuntas. “Yang saya lakukan ini sebagai bentuk solidaritas atas tragedi Kanjuruhan yang menelan 135 korban jiwa. Semoga kasusnya segera tuntas dan tidak rantas di tengah jalan,” ucapnya, pada Kamis (10/11/2022).

Tahun 2012 lalu, dia pernah memecahkan rekor Guinness World Records selama 122 jam 25 menit di Balai Kota Malang yang didukung ribuan Aremania selama enam hari enam malam. “Saatnya saya membalas dukungan teman-teman Aremania dengan melakukan aksi ini,” ucapnya.

tragedi kanjuruhan tugu jatim
Kunto Hartono menggebuk drum dengan mata tertutup. Foto: dok Kunto Hartono

Aksi Kunto Hartono ini dimulai pukul 20.30 WIB-22.30 WIB, di Bento Kopi, Magersari, Kota Mojokerto, dengan diiringi beberapa band dari Mojokerto.

Kunto Hartono adalah pemegang rekor dunia Guinness World Records menggebuk drum terlama selama 145 jam yang ditorehkannya di Palembang, tanggal 30 Desember 2016-6 Januari 2017.

Dia juga pernah menginisiasi dan memecahkan rekor dunia secara tim bersama lima drummer dari lima negara dengan menggebuk drum selama 100 jam untuk membantu anak-anak korban perang Syria yang digelar di Castelo Branco, Portugal, pada 20-24 September 2017 lalu.

Kunto Hartono juga pernah tampil di Final FIFA World Cup 2018 Russia dengan menggebuk drum selama 4 jam 30 menit dengan mata ditutup, di arena FIFA Fun Fest Moscow, sebelum kick off saat laga final antara Perancis vs Kroasia, pada 15 Juli 2018 lalu.(*)