Stok Vaksin Covid-19 di Tuban Menipis, DPRD Tuban Minta Pemerintah Segera Penuhi Kebutuhan - Tugujatim.id

Stok Vaksin Covid-19 di Tuban Menipis, DPRD Tuban Minta Pemerintah Segera Penuhi Kebutuhan

  • Bagikan
Gelaran vaksinasi yang dilakukan vaksinator pada sejumlah masyarakat Kabupaten Tuban di Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio, Tuban, 15 Juli 2021 lalu. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)
Gelaran vaksinasi yang dilakukan vaksinator pada sejumlah masyarakat Kabupaten Tuban di Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio, Tuban, 15 Juli 2021 lalu. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kendati belum habis, ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Tuban diketahui mulai menepis. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo membenarkan bahwa ketersediaan vaksin hari ini (4/8/2021) di Tuban mulai menipis.

“Benar. Menipis,”ujar mantan mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini.

Sebagai informasi, berdasar data yang diterima Tugu Jatim, untuk target pemberian vaksin 945.728 orang di Kabupaten Tuban, total sebanyak 41.847 orang sudah mendapat vaksis dosis dua.

Sedangkan pemberian vaksin dosis satu sudah diberikan pada 141.068 orang dan yang belum divaksin sekitar delapan ratusan ribu orang.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Tuban, Tri Astuti mengatakan, berharap pemerintah segera memenuhi ketersediaan vaksin Covid-19 yang tengah dibutuhkan masyarakat.

“Saat ini di Tuban persediaan vaksin menipis, bahkan stok sudah habis di beberapa faskes (fasilitas kesehatan, red), untuk itu kami berharap pemerintah segera memenuhi kebutuhan vaksin di kabupaten,” ungkap Tri Astuti.

Politisi perempuan asal partai Gerindra itu menjelaskan dalam jangka pendek vaksin dapat menurunkan angka kematian dan kesakitan. Sedangkan untuk jangka panjang nantinya vaksinasi ini di harapkan dapat mencapai herd immunity atau kekebalan komunal.

“Untuk mencapai target itu, pemberian vaksin Covid-19 harus berbasis pada target prioritas dan berbasis pada kesehatan masyarakat (public health),” terang perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim.

Menurutnya, jika stok vaksin habis atau belum mencukupi target maka akan berakibat pada tidak terpenuhi tujuan herd immunity yang di harapkan karena pemberian vaksin belum merata.

“Sampai sat ini belum meratanya masyarakat yang mendapatkan vaksin baik dosis pertama maupun dua,” tegas Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Tuban.

  • Bagikan