Tahap Verifikasi, Pemkot Batu Janji Cairkan Bansos Rp 300 Ribu Pekan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi uang bansos di Kota Batu untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi uang bansos di Kota Batu untuk masyarakat terdampak PPKM Darurat. (Foto: Pixabay)

BATU, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu tengah memproses verifikasi data penerima bantuan sosial (bansos) PPKM Darurat. Pemkot Batu menjanjikan akan menyalurkan bansos sebesar Rp 300.000 pada pekan ini, Kamis (15/07/2021).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menuturkan, bansos tersebut akan disalurkan kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat. Di antaranya, PKL, driver ojol, sopir angkot, tukang ojek, pelaku wisata, tenaga kerja yang dirumahkan, dan lain-lainnya.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau PKL di Alun-Alun Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau PKL di Alun-Alun Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)

“Saya sudah menginstruksikan sekda untuk bisa merealisasikan minggu ini. Datanya sudah ada, tapi masih butuh verifikasi. Namun, saya sudah minta itu dipercepat,” ujarnya.

Dewanti mengatakan, bansos PPKM Darurat akan disalurkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 300 ribu. Pendistribusiannya akan dilakukan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima.

“Sesuai arahan Kemensos, nilainya nanti sebesar Rp 300 ribu. Itu nanti akan ditransfer langsung ke penerima,” ucapnya.

Lapak PKL di kawasan Alun-Alun Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)
Lapak PKL di kawasan Alun-Alun Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)

Bansos yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat terdampak PPKM Darurat itu bersumber dari APBD Kota Batu. Prioritas percepatan bantuan itu juga telah dituangkan dalam poin ketujuh Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu Nomor 440/ 01/ SE/ 422.104/ 2021.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, data calon penerima bansos PPKM Darurat yang dalam proses verifikasi ini sebanyak 3.845 warga.

Dia menyebutkan, kebutuhan anggaran untuk bansos tersebut diperkirakan sebesar Rp 1 miliar. Di mana anggaran tersebut akan diambilkan dari belanja tidak terduga (BTT) APBD Kota Batu 2021.

 

  • Bagikan