Tangkal Radikalisme, Polres Batu Kukuhkan Dai Kamtibmas - Tugujatim.id

Tangkal Radikalisme, Polres Batu Kukuhkan Dai Kamtibmas

  • Bagikan
Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo dan Kemenag Kota Batu Nawawi dalam pengukuhan Dai Kamtibmas. (Foto: Polres Batu/Tugu Jatim)
Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo dan Kemenag Kota Batu Nawawi dalam pengukuhan Dai Kamtibmas. (Foto: Polres Batu)

BATU, Tugujatim.id – Polres Batu telah mengukuhkan Dai Kamtibmas yang disebar di seluruh wilayah Kota Batu. Pengukuhan Dai Kamtibmas ini dilakukan dengan tujuan menangkal radikalisme di lingkungan Polres Batu.

Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo menuturkan, pada dai tersebut sangat pas untuk membantu mengelola kamtibmas karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

“Namun, semua agama mengajarkan kebaikan, toleransi, saling menghargai, dan mengutuk segala bentuk tindak kejahatan,” ujarnya Senin (31/05/2021).

Menurut dia, keberadaan Dai Kamtibmas juga dapat dijadikan upaya kerja sama dan sinergitas antara Polri dan pemerintah dalam rangka mewujudkan stabilitas dan kondusivitas kamtibmas di masyarakat.

“Saya berharap, para dai ini bisa mencegah gangguan kamtibmas, memberikan efektivitas dalam mengelola kamtibmas bersama Polri, dan Pam Swakarsa juga dapat terwujud,” tuturnya.

Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo dan Kemenag Kota Batu Nawawi  saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Foto: Polres Batu/Tugu Jatim)
Kapolres Batu AKBP Catur C. Wibowo dan Kemenag Kota Batu Nawawi saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Foto: Polres Batu)

Dia juga berharap, para dai tersebut juga dapat menjadi penangkal dan pencegah masuknya paham radikalisme.

Dia menyebutkan, Dai Kamtibmas nantinya akan bertugas memberikan pencerahan, pembinaan umat terkait kesadaran hukum, dan menyampaikan program-program penanganan pandemi.

Sementara itu, Kemenag Kota Batu Nawawi yang juga hadir dalam pengukuhan menyampaikan, keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Batu harus dijaga. Jadi, masyarakat dapat melangsungkan kegiatannya dengan nyaman dan tenang.

“Sangat penting jika ada pendekatan kepada masyarakat yang penyampaiannya tentang kamtibmas dengan melibatkan para Dai Kamtibmas ini,” ucapnya.

 

  • Bagikan